Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Berbahasa Prancis Tingkat Élémentaire A2 dengan Blended Learning Berbasis Strategi Metakognisi.
Dwi Astuti, 0201614008 (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Berbahasa Prancis Tingkat Élémentaire A2 dengan Blended Learning Berbasis Strategi Metakognisi. Doctoral thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Banyak mahasiswa yang mengikuti mata kuliah menulis (production écrite) hadir tanpa persiapan, tidak mengerjakan tugas yang diberikan, tidak melakukan latihan secara rutin. Kenyataan ini menunjukkan bahwa mata kuliah menulis (production écrite), membutuhkan sebuah model pembelajaran yang dapat menggerakkan mahasiswanya untuk melakukan persiapan sebelum mengikuti kuliah, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang pencapaian prestasi dalam kategori Baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis dan menemukan kebutuhan model pembelajaran menulis berbahasa Prancis tingkat élémentaire A2 dengan blended learning berbasis strategi metakognisi; (2) menghasilkan model pembelajaran menulis berbahasa Prancis tingkat élémentaire A2 dengan blended learning berbasis strategi metakognisi; dan (3) menganalisis keefektifan model pembelajaran menulis berbahasa Prancis tingkat élémentaire A2 dengan blended learning berbasis strategi metakognisi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan Richey & Klein yang meliputi planning, production, dan evaluation. Kegiatan planning difokuskan pada analisis awal serta kebutuhan model pembelajaran menulis berbahasa Prancis tingkat élémentaire A2 dengan blended learning berbasis strategi metakognisi yang di dalamnya terdapat instrumen pemantauan penggunaan strategi metakognisi. Kegiatan production difokuskan pada penyusunan rancangan model berdasarkan analisis kebutuhan, sedangkan kegiatan evaluation difokuskan pada kualitas produk. Subjek uji coba adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis Angkatan tahun 2020 yang terdiri atas 2 kelas, A dengan jumlah 33 dan B sebanyak 32. Materi yang diujicobakan adalah mengenai menguraikan rencana liburan (décrire les palns de vacances), dan mendeskripsi tempat dan arah (décrire les lieux et les directions). Untuk menguji keefektifan model pembelajaran yang dihasilkan, digunakan analisis N-Gain Score, sedangkan untuk menguji ada tidaknya perbedaan prestasi belajar menulis yang dilakukan secara sinkron dan asinkron, baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol, digunakan teknik analisis Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model Pembelajaran Menulis Berbahasa Prancis Tingkat Élémentaire A2 dengan Blended Learning Berbasis Strategi Metakognisi efektif. Hal ini terbukti berdasarkan hasil uji N-Gain Score vi yang memperlihatkan bahwa kelas eksperimen lebih efektif, dengan nilai N-Gain 0,52 dari pada kelas kontrol, kurang efektif dengan nilai N-Gain 0,07; (2) Di kelas eksperimen, tidak ada perbedaan prestasi belajar menulis berbahasa Prancis dengan menerapkan Model Pembelajaran Menulis Berbahasa Prancis Tingkat Élémentaire A2 dengan Blended Learning Berbasis Strategi Metakognisi, antara yang dilakukan secara sinkron dengan asinkron. Hal ini terbukti dari hasil Uji One-Way ANOVA yang memperlihatkan hasil Sig dalam taraf signifikan 95 % sebesar 0,131 > 0,05; (3) Di kelas kontrol, ada perbedaan prestasi belajar menulis berbahasa Prancis dengan menerapkan Model Pembelajaran Menulis Berbahasa Prancis Tingkat Élémentaire A2 dengan Blended Learning Berbasis Strategi Metakognisi, antara yang dilakukan secara sinkron dengan asinkron. Hal ini terbukti dari hasil Uji One-Way ANOVA yang memperlihatkan hasil Sig dalam taraf signifikan 95 % sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemantauan penerapan strategi metakognisi yang dikemas dalam model pembelajaran menulis dengan blended learning efektif dalam meningkatkan prestasi belajar serta melatih mahasiswa untuk tidak sepenuhnya bergantung pada kehadiran dosen. Untuk itu, dosen dapat menggunakan instrumen pemantauan penggunaan strategi metakognisi pada pembelajaran menulis.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, tingkat élémentaire A2, blended learning, strategi metakognisi |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S3 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 24 May 2022 18:13 |
Last Modified: | 24 May 2022 18:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49807 |
Actions (login required)
View Item |