PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, SUASANA RESTORAN, DAN KEWAJARAN HARGA TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Rumah Makan Noroyono Pak Djamin Kabupaten Grobogan)


Mardiana Lis Cahyani, 7311416008 (2021) PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING, SUASANA RESTORAN, DAN KEWAJARAN HARGA TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Rumah Makan Noroyono Pak Djamin Kabupaten Grobogan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416008- Mardiana Lis Cahyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Niat berkunjung kembali merupakan kesediaan pelanggan untuk kembali berkunjung pada sebuah restoran yang sama di masa yang akan datang, dimana kunjungan tersebut bermanfaat bagi pengelola restoran dalam meningkatkan omset dan memberikan keuntungan jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh experiential marketing, suasan restoran, dan kewajaran harga terhadap niat berkunjung kembali melalui kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan yang sedang berkunjung ke rumah makan Noroyono Pak Djamin Kabupaten Grobogan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 115 responden. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji t, dan analisis jalur menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu experiential marketing berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali, suasana restoran berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali, kewajaran harga berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali, kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali, serta kepuasan pelanggan mampu bertindak sebagai mediasi. Dimana variabel experiential marketing, suasana restoran, dan kewajaran harga berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali melalui kepuasan pelanggan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini yaitu experiential marketing berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali. Suasana restoran berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali. Kewajaran harga berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap niat berkunjung kembali. Kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh experiential marketing, suasana restoran, dan kewajaran harga terhadap niat berkunjung kembali. Saran bagi Rumah Makan Noroyono Pak Djamin Kabupaten Grobogan yaitu memperbanyak area dengan interior modern, melakukan inovasi baru terhadap menu makanan dan minuman, dan meningkatkan customer relation dengan menyambut pelanggan yang datang dan membantu pelanggan mencari tempat duduk pada saat jam sibuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Niat Berkunjung Kembali, Experiential Marketing, Suasana Restoran, Kewajaran Harga, dan Kepuasan Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 24 May 2022 04:50
Last Modified: 24 May 2022 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49804

Actions (login required)

View Item View Item