AUDIT KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA INSTALASI LISTRIK PADA WARUNG KULINER DI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID “BAYU BARU” BANTUL GUNA TERCIPTANYA PROSES ZERO ACCIDENT


Mohamad Irja Mahardika, 5301416016 (2021) AUDIT KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA INSTALASI LISTRIK PADA WARUNG KULINER DI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID “BAYU BARU” BANTUL GUNA TERCIPTANYA PROSES ZERO ACCIDENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301416016_Mohamad Irja Mahardika_Skripsi - irja mahardika.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan masalah paling banyak menjadi pusat perhatian di berbagai perusahaan karena mencakup beberapa hal yaitu perikemanusiaan, ekonomi, hukum serta pertanggung jawaban perusahaan. 2018 kecelakaan kerja mencapai 157.313 kasus, September 2019 ada 130.923 kasus, ini menunjukkan penurunan kasus kecelakaan kerja sebesar 26,4%. Mutu instalasi tergantung pada pemasangan dan penerapan ketentuan dari PUIL, serta aturan yang relevan. Penerapan PUIL sebagai syarat untuk pemasangan instalasi listrik agar dipasang secara aman, andal dan ramah lingkungan. Banyaknya gangguan yang terjadi pada instalasi listrik di warung kuliner di PLTH “Bayu Baru” kebanyakan disebabkan adanya overvoltage dan korsleting, ini terjadi karena pemasangan instalasinya yan belum sesuai standar K3, bahkan dari teknisinya belum mendapatkan sertifikasi K3. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil peneletian yang peroleh menujukkan bahwa titik kesesuaian pemasangan Instalasi listrik yang ada di warung wuliner masih di bawah 50%, yaitu 47%. Dapat dikatakan standarisasi intalasi listrik di warung kuliner mendekati tidak sesuai, Begitupun pengetahuan teknisi tentang K3 masih kurang, dengan persentase 31,42%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: K3, PUIL, Instalasi Listrik, Warung Kuliner
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 19 May 2022 03:53
Last Modified: 19 May 2022 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49791

Actions (login required)

View Item View Item