PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HIBRID (PV DAN MIKROHIDRO) TERHUBUNG GRID (Studi Kasus : Desa Merden, Kecamatan Padureso, Kebumen)


Ana Nur Azizah, 5301416009 (2021) PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HIBRID (PV DAN MIKROHIDRO) TERHUBUNG GRID (Studi Kasus : Desa Merden, Kecamatan Padureso, Kebumen). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301416009_Naskah Skripsi - Ana Nur Azizah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia menargetkan 23% energi baru terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional tahun 2025. Desa Merden merupakan salah satu kawasan yang terletak di Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen ini memiliki pembangkit listrik berbasis energi terbarukan yaitu PLTMH berkapasitas 2x200 kVa terhubung grid. Namun pada bulan Agustus sampai Desember tidak berjalan optimal dikarenakan kekurangan pasokan air dari Waduk Wadaslintang. Berdasarkan database dari NASA Desa Merden ini merupakan daerah yang memiliki radiasi sebesar 4,66 kWh/m2/hari, dengan intensitas yang cukup tinggi desa ini berpotensi untuk dipasangkan photovoltaic sebagai energi tambahan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan model sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (PLTH) yang dapat memenuhi kebutuhan energi listrik. Penelitian ini menggunakan bantuan software HOMER dengan parameter yang dimasukkan antara lain, sumber energi (intensitas radiasi matahari dan debit air), spesifikasi peralatan, dan biaya serta profil beban harian. Hasil dari penelitian ini adalah produksi energi listrik dari kedua pembangkit adalah 1.102.522 kWh per tahun dengan total nilai NPC yaitu -$440.306 dan LCOE sebesar -$0,0292. Konfigurasi yang paling optimal berupa Mikrohidro 327 kW, PV 24 kW, Baterai 80 unit, Bi- Directional Inverter 75kW. Hal ini menunjukkan penambahan PV dapat menjadi pertimbangan dikarenakan dapat memproduksi energi listrik selama satu tahun secara penuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hibrid, PV, Mikrohidro
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 19 May 2022 03:23
Last Modified: 19 May 2022 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49790

Actions (login required)

View Item View Item