(ABSTRAK) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 DEMAK TAHUN AJARAN 2008/2009


Noor Lailatul Fajriyyah, 3301404541 (2009) (ABSTRAK) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 DEMAK TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 DEMAK TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 DEMAK TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (76kB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar merupakan salah satu sikap atau perilaku yang harus dimiliki oleh siswa. Siswa akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan apabila siswa mampu mengatur waktu dan kegiatan belajarnya. Selain disiplin belajar kreativitas belajar juga diperlukan terutama pada mata pelajaran akuntansi yang terkenal rumit dan memerlukan pemahaman yang lebih. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah disiplin belajar dan kreativitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Demak tahun ajaran 2008/2009?. 2) Apakah disiplin belajar belajar berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Demak tahun ajaran 2008/2009. 3) Apakah kreativitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Demak tahun ajaran 2008/2009?. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Demak tahun ajaran 2008/2009. 2). Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Demak tahun ajaran 2008/2009. 3). Untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Demak tahun ajaran 2008/2009. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Demak yang berjumlah 191 siswa. Sampel berjumlah 129 didapat dari rumus slovin dengan taraf kesalahan 5%. Dan teknik sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling. Variabel yang diteliti terdiri dari disiplin belajar (X1), kreativitas belajar (X2) dan hasil belajar akuntansi (Y). Alat yang digunakan untuk mengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi yang terbukti dari perolehan t hitung 9,289 dengan probabilitas 0,000 dan secara parsial sumbangannya adalah sebesar 40,70%. Ada pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi yang terbukti dari perolehan t hitung 3,922 dengan probabilitas 0,000 dan secara parsial sumbangannya adalah sebesar 10,89%. Ada pengaruh disiplin belajar dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi yang terbukti dari perolehan F hitung 73,529 dengan probabilitas 0,000 dan secara silmultan sumbangannya adalah 53,90%. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa disiplin belajar dan kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Demak tahun ajaran 2008/2009, oleh karena itu diajukan saran sebagai berikut: 1) Disiplin belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Demak tahun ajaran 2008/2009 dalam kategori tinggi, untuk itu perlu dipertahankan atau ditingkatkan lagi sehingga hasil belajar yang diperoleh juga akan lebih meningkat seperti dengan cara siswa lebih sadar diri untuk menanamkan sikap disiplinnya dan bagi orang tua hendaknya harus menanamkan kebiasaan belajar yang baik dan disiplin diri dengan selalu mengontrol dan memperhatikan, 2) Siswa hendaknya selalu mengembangkan kreativitasnya dalam belajar dan selalu menjaga semangat untuk terus menggali pengetahuan dan informasi melalui berbagai sumber sehingga mempermudah pemecahan problematika dalam pelajaran akun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin belajar, Kreativitas belajar, Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 08:02
Last Modified: 29 Sep 2011 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item View Item