PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA


Ummi Layyinatusy Syifa, 4401416091 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DARING MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401416091 - Ummi Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan analisis adalah proses berfikir untuk memecahkan masalah disertai dengan alasan. Kemampuan ini merupakan salah satu fokus tujuan dari pendidikan abad ke-21. Pandemi Covid-19 menyebabkan guru perlu menerapkan perangkat pembelajaran dan model pembelajaran dengan sumber belajar yang tepat tidak hanya dengan metode konvensional agar siswa mampu menganalisis materi biologi yang disampaikan. Model pembelajaran yang dipilih untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa adalah Student Team Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik dan menganalisis tingkat kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran daring Model STAD. Desain penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi. Penelitian dilaksanakan secara daring pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini yaitu 15 siswa kelas XII MIPA yang telah mendapat Materi Sistem Reproduksi Manusia dan 2 Guru Biologi SMA N 1 Dempet. Objek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran daring berupa Silabus, RPP 1 Lembar, dan LKS berbasis model pembelajaran STAD Materi Sistem Reproduksi Manusia. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data meliputi angket validasi oleh validator dan analisis tingkat keterbacaan perangkat pembelajaran oleh siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu Silabus, RPP, dan LKS bersifat daring; Berbasis Model STAD; RPP 1 lembar; Membahas tentang Materi Sistem Reproduksi Manusia; Tujuan pembelajaran dilengkapi dengan unsur audience dan behavior; serta mempunyai misi untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa Silabus dan RPP yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid dengan persentase sebesar 94,2% dan 95%. Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat valid dari segi materi dengan persentase sebesar 89% dan dari segi media sebesar 85%. Hasil angket keterbacaan menunjukkan bahwa rata-rata persentase tanggapan guru sebesar 93% dan tanggapan siswa 79%. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran daring Model STAD untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa termasuk dalam kriteria sangat valid dan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Analisis, Model STAD, Perangkat Pembelajaran
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 17 May 2022 03:37
Last Modified: 17 May 2022 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49774

Actions (login required)

View Item View Item