ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH


Agung Yulianto, Akuntansi FE (2015) ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK UMUM SYARIAH. Accounting Analysis Journal, 4 (4). pp. 1-10. ISSN 2252-6765

[thumbnail of Article] PDF (Article)
Download (814kB)
[thumbnail of Uji Turnitin] PDF (Uji Turnitin)
Download (2MB)
[thumbnail of Peer Review] PDF (Peer Review)
Download (307kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Investment Account Holders, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Pengawas Syariah dan kepatuhan syariah terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Bank Umum Syariah yang ada di Indonesia sebanyak 12 bank. Sampel yang diuji sebanyak 8 Bank Umum Syariah yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang dikumpulkan berupa laporan tahunan Bank Umum Syariah mulai tahun 2010 hingga tahun 2013. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Investment Account Holders dan kepatuhan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting. Sedangkan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Pengawas Syariah tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk menambahkan variabel-variabel independen lain yang secara teoritis berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan ISR dan menambah jumlah tahun pengamatan agar dapat lebih menggambarkan tingkat pengungkapan ISR pada Bank Umum Syariah di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Investment Account Holders; Islamic Social Reporting; sharia compliance; duties and responsibilities of Sharia Supervisory Board.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 May 2022 07:24
Last Modified: 13 May 2022 07:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49748

Actions (login required)

View Item View Item