PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 4 MI NU TAMRINUL AULAD KUDUS
1102415103, SINTA MAHARANI (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 4 MI NU TAMRINUL AULAD KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah yang paling sering dihadapi oleh guru dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah pemilihan model pembelajaran. Hal ini dikarenakan pada saat mengajar guru harus menyesuaikan dengan pembalajaran tematik yang diajarkan. Target keberhasilan pengajaran tematik yang diterapkan guru cenderung lebih mengarah agar peserta didik terampil mengerjakan soal-soal tes, baik yang terdapat pada buku ajar maupun soal-soal ujian. Akibatnya pemahaman konsep peserta didik rendah, keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik tidak tumbuh. Sehingga peserta didik bersikap pasif selama proses belajar mengajar dan kurangnya keberanian peserta didik untuk bertanya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa hasil penerapan strategi pembelajaran kreatif dan inovatif pada siswa Kelas 4 MI NU Tamrinul Aulad Kudus, dan Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam penerapan strategi pembelajaran kreatif dan inovatif pada siswa Kelas 4 MI NU Tamrinul Aulad Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian yang prosedurnya akan menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang menjadi objek penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas 4 MI NU Tamrinul Aulad Kudus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. analisis data meliputi Pengumpulan Data dan Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian diperoleh : 1) Kegiatan pembelajaran kreatif dan inovatif pada pembelajaran tematik kelas di kelas 4 MI NU Tamrinul Aulad secara garis besarnya dapat diklasifikasikan menjadi tiga tahap, tahap persiapan (perencanaan), tahap pelaksanaan (implementasi) dan tahap evaluasi. 2)Faktor Pendukung dan Pennghambat Penerapan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MI NU Tamrinul Aulad, Faktor Pendukung meliputi: a) Tenaga pendidik atau Sumber daya manusia, Kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, Sarana dan prasarana. Faktor Penghambat yaitu Persoalannya adalah perubahan cara mengajar suatu guru tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, melainkan butuh waktu bertahun�tahun. Sebagai saran yang dapat diberikan yaitu dalam merancang rencana pembelajaran hendaknya guru lebih teliti lagi dalam penulisan terutama dalam memperhatikan relevansi masing-masing kompetensi dasar dan indikator pembelajaran serta alokasi waktu
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, kreatif, Inovatif, dan Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 12 May 2022 02:35 |
Last Modified: | 12 May 2022 02:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49712 |
Actions (login required)
View Item |