PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PROGRAM ANIMASI MACROMEDIA AUTHORWARE 7.0 DENGAN POWER POINT DI KELAS X SMA NEGERI 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010


LILIS ANDRIYANI, 1102405057 (2009) PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PROGRAM ANIMASI MACROMEDIA AUTHORWARE 7.0 DENGAN POWER POINT DI KELAS X SMA NEGERI 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PROGRAM ANIMASI MACROMEDIA AUTHORWARE 7.0 DENGAN POWER POINT DI KELAS X SMA NEGERI 3 KLATEN  TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PROGRAM ANIMASI MACROMEDIA AUTHORWARE 7.0 DENGAN POWER POINT DI KELAS X SMA NEGERI 3 KLATEN TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (324kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang mendasar dalam dunia pendidikan adalah bagaimana usaha untuk meningkatkan proses belajar mengajar sehingga memperoleh hasil yang efektif dan efisien. Pendidikan tidak lagi hanya dilihat dari dimensi rutinitas, melainkan harus diberi makna mendalam dan bernilai bagi perbaikan kinerja. Pendidikan sebagai salah satu instrumen utama pengembangan sumber daya manusia dengan multi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan menghendaki perencanaan dan pelaksanaan yang matang agar hasil yang diharapkan tercapai dengan maksimal. Pesatnya perkembangan teknologi komputer ternyata tidak diikuti dengan pesatnya perkembangan prestasi belajar siswa terutama dalam mata pelajaran Geografi. Hal ini dapat dilihat di SMA Negeri 3 Klaten, tiga tahun terakhir ini nilai rata-rata mata pelajaran Geografi selalu dibawah nilai rata-rata mata pelajaran lain. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran Geografi melalui pemanfaatan program animasi Macromedia Authorware 7.0 dengan power point pada siswa kelas X semester 1 di SMA Negeri 3 Klaten tahun ajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 3 Klaten tahun ajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Berdasarkan teknik ini didapatkan kelas X-C sebagai kelas kontrol dan kelas X-D sebagai kelas eksperimen. Setelah dilakukan uji homogenitas dari nilai UANAS SMP terdapat 47 siswa pada kelas kontrol dan 47 siswa pada kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini adalah nilai rata-rata kelompok kontrol (menggunakan power point) sebesar 7,25 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen (menggunakan program animasi Macromedia Authorware 7) sebesar 8,15. Berdasarkan hasil penelitian ada perbedaan hasil belajar geografi materi pembelajaran sejarah pembentukan bumi antara pembelajaran yang memanfaatkan program animasi Macromedia Authorware 7.0 dengan pembelajaran yang menggunakan media power point pada siswa kelas X semester 1 SMA N 3 Klaten tahun ajaran 2009/2010 yaitu ada perbedaan hasil belajar geografi materi pembelajaran sejarah pembentukan bumi antara pembelajaran yang menggunakan program animasi Macromedia Authorware 7.0 di bandingkan dengan media power point pada siswa kelas X semester 1 SMA N 3 Klaten tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Macromedia Authorware 7.0, Pembelajaran Geografi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 07:46
Last Modified: 25 Apr 2015 05:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4971

Actions (login required)

View Item View Item