PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMPROSES BENTUK PERMUKAAN
Wirawan Sumbodo, - (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMPROSES BENTUK PERMUKAAN. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 17 (2). pp. 103-10. ISSN 1412-1247
PDF
Download (455kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media animasi terhadap nilai hasil belajar siswa pada kompetensi memproses bentuk permukaan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Pre-test Post-Test Control Group Design, dan menggunakan rating-scale sebagai alat pengumpul data. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMK N I Kaligondang, Purbalingga. Sampel diambil dengan menggunakan metode random sampling atau penggambilan sampel secara acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Analisis deskriptif menunjukkan terjadinya peningkatan nilai hasil belajar siswa pada kedua kelompok. Peningkatan yang terjadi pada kelompok kontrol adalah sebesar 9,2% yaitu dari nilai rata-rata semula 69,38 menjadi 75,75, sedangkan besarnya peningkatan yang terjadi pada kelas eksperimen adalah 16,5% yaitu dari nilai rata-rata semula 70,00 menjadi 81,53. Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan ada peningkatan yang lebih besar pada kelompok eksperimen. Hal ini menjelaskan bahwa penggunaan media animasi mampu meningkatkan nilai hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memproses bentuk permukaan. Hasil analisis uji-t pada nilai post-test juga menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media animasi terhadap nilai hasil belajar siswa pada kompetensi tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media animasi, nilai hasil belajar, kompetensi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 08:19 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 08:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49615 |
Actions (login required)
View Item |