Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Peserta Didik Kelas X Ditinjau Dari Gaya Berpikir dalam Pembelajaran Core
Nurulita Nur Fitriana, - and Arief Agoestanto, FMIPA Pendidikan Matematika and Putriaji Hendikawati, - (2019) Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Peserta Didik Kelas X Ditinjau Dari Gaya Berpikir dalam Pembelajaran Core. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2. pp. 452-465. ISSN 2613-9189
PDF
- Published Version
Download (281kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam pembelajaran CORE mencapai ketuntasan belajar, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam pembelajaran CORE ditinjau dari Gaya berpikir, dan (3) mendeskripsikan kemandirian peserta didik dalam pembelajaran CORE ditinjau dari Gaya berpikir. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan concurrent embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Blora dengan sampel peserta didik kelas X MIPA 5. Subjek penelitian yaitu 12 peserta didik yang diwakili tiga tiap Gaya Berpikir yaitu Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK) dan Acak Abstrak (AA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam pembelajaran CORE mencapai ketuntasan belajar yaitu ketuntasan rata-rata dan ketuntasan proporsi. Selain itu, diperoleh bahwa peserta didik Gaya bepikir SA memiliki kemampuan penalaran matematis dan kemandirian yang lebih baik dari pada peserta didik Gaya bepikir SK, peserta didik Gaya bepikir AK, dan peserta didik Gaya bepikir AA.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian, Gaya Berpikir : CORE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 10 Apr 2022 00:59 |
Last Modified: | 10 Apr 2022 00:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49592 |
Actions (login required)
View Item |