Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas X MIPA 8 SMA N 3 Semarang dengan Model DL pada Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel


Afrida Ardiana Rakhima, - and Arief Agoestanto, FMIPA Pendidikan Matematika and Kamta Agus Sajaka, - (2019) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas X MIPA 8 SMA N 3 Semarang dengan Model DL pada Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2. pp. 301-304. ISSN 2613-9189

[thumbnail of Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas X MIPA 8 SMA N 3 Semarang dengan Model DL pada Materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel.pdf] PDF - Published Version
Download (155kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di SMA Negeri 3 Semarang, khususnya X MIPA 8, belum terbiasa menulis matematis dari permasalahan yang diperoleh. Pun dengan karakter kerja sama siswa. Siswa kelas X MIPA 8 kurang terbiasa bekerja dalam kelompok. Ketika ada pemasalahan yang harus diselesaikan secara berkelompok, mereka malah terlihat asik menyelesaikan masalah tersebut sendiri. Model Discovery Learning (DL) dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi matematis dan kerja sama siswa. Pada model ini, siswa diberi kesempatan untuk bekerja secara berkelompok. Selain itu, siswa juga diberi kesempatan untuk berkomunikasi matematis, baik secara lisan dalam presentasi kelompok maupun tulisan berupa hasil diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kerja sama siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 3 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 3 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, yang dilakukan oleh observer untuk mengamati kerja sama siswa, angket yaitu penilaian diri sendiri dan antar teman, serta tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan karakter kerja sama siswa. Pada siklus I rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa adalah cukup dengan presentase siswa yang memperoleh kriteria minimal B dalam satu kelas adalah 40,625%. Pada siklus II rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa adalah sangat baik dengan presentase siswa yang memperoleh kriteria minimal B dalam satu kelas adalah 96,875%. Untuk karakter kerja sama siswa terjadi peningkatan yaitu pada siklus I presentase siswa yang memperoleh kriteria minimal B dalam satu kelas adalah mencapai 37,50% dan pada siklus II mencapai 96,875%. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penerapan model pembelajaran DL dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan karakte kerja sama siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kerja Sama, DL
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Apr 2022 00:55
Last Modified: 10 Apr 2022 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49591

Actions (login required)

View Item View Item