Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Motivasi Siswa Dengan Model PBL Berbasis Games pada Materi Logaritma di SMAN 3 Semarang


Agnesly Margaretha, - and Arief Agoestanto, FMIPA Pendidikan Matematika and Kamta Agus Sajaka, - (2019) Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Motivasi Siswa Dengan Model PBL Berbasis Games pada Materi Logaritma di SMAN 3 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2. pp. 869-874. ISSN 2613-9189

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Motivasi Siswa Dengan Model PBL Berbasis Games pada Materi Logaritma di SMAN 3 Semarang.pdf] PDF - Published Version
Download (614kB)
[thumbnail of Review Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Motivasi Siswa Dengan Model PBL Berbasis Games pada Materi Logaritma di SMAN 3 Semarang.pdf] PDF - Published Version
Download (871kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di SMA N 3 Semarang ditemukan masalah pada materi logaritma yang dianggap sulit mengakibatkan kemampuan penalaran matematika dan motivasi siswa belajar rendah. Model pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam matematika yaitu Problem Based Learning (PBL). Games sebagai metode yang dapat menghidupkan suasana belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa kelas X MIPA 8 SMA N 3 Semarang pada materi Logaritma. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA 8. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata penalaran matematika siswa pada pretes adalah 26,04 dan pada siklus 1 mengalami kenaikan menjadi 71,88 dengan persentase ketuntasan klasikal 59,37 %. Diharapkan pada siklus II kembali mengalami peningkatan. Untuk sikap rasa ingin tahu pada siklus I diperoleh rata-rata 74,53 dengan kategori tinggi. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa kemampuan penalaran matemtika dan motivasi belajar siswa dengan model PBL berbasis games diharapkan dapat meningkat pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menerapkan PBL berbasis games.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penalaran matematika, model pembelajaran Problem based Learning, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Apr 2022 00:47
Last Modified: 10 Apr 2022 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49590

Actions (login required)

View Item View Item