Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu
Arief Agoestanto, FMIPA Pendidikan Matematika and Y. L. Sukestiyarno, - and Isnarto, - and Rochmad, - and F.I. Permanawati, - (2019) Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2. pp. 337-342. ISSN 2613-9189
PDF
- Published Version
Download (317kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (900kB) |
Abstract
Menganalisis argument merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pemikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis argumen dalam berpikir kritis ditinjau dari rasa ingin tahu . Metode penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik dan sumber. Triangulasi teknik dalam penelitian inidilakukan dengan membandingkan hasil tes menganalisis argument dalam kemampuan berpikir kritis dengan data hasil wawancara subjek dan pencapaiannya, sedangkan triangulasi sumber dilakukan pengecekan data dari dua subjek pada setiap tingkatan rasa ingin tahu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: subjek dengan rasa ingin tahu tinggi, sedang, dan rendah mampu menganalisis argument dengan benar, tetapi subjek dengan rasa ingin tahu rendah hanya mampu memberikan satu argumen saja tanpa memberikan argumen lanjutan untuk mendukung argumen sebelumnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis argumen, berpikir kritis, rasa ingin tahu |
Subjects: | L Education > L Education (General) > learning style |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 10 Apr 2022 00:38 |
Last Modified: | 10 Apr 2022 00:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49589 |
Actions (login required)
View Item |