Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu


Arief Agoestanto, FMIPA Pendidikan Matematika and Y. L. Sukestiyarno, - and Isnarto, - and Rochmad, - and F.I. Permanawati, - (2019) Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2. pp. 337-342. ISSN 2613-9189

[thumbnail of Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu.pdf] PDF - Published Version
Download (317kB)
[thumbnail of Review Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu.pdf] PDF - Published Version
Download (900kB)

Abstract

Menganalisis argument merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pemikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis argumen dalam berpikir kritis ditinjau dari rasa ingin tahu . Metode penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik dan sumber. Triangulasi teknik dalam penelitian inidilakukan dengan membandingkan hasil tes menganalisis argument dalam kemampuan berpikir kritis dengan data hasil wawancara subjek dan pencapaiannya, sedangkan triangulasi sumber dilakukan pengecekan data dari dua subjek pada setiap tingkatan rasa ingin tahu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: subjek dengan rasa ingin tahu tinggi, sedang, dan rendah mampu menganalisis argument dengan benar, tetapi subjek dengan rasa ingin tahu rendah hanya mampu memberikan satu argumen saja tanpa memberikan argumen lanjutan untuk mendukung argumen sebelumnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis argumen, berpikir kritis, rasa ingin tahu
Subjects: L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Apr 2022 00:38
Last Modified: 10 Apr 2022 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49589

Actions (login required)

View Item View Item