Penerapan Metode Eksperimen Pokok Bahasan Benda Padat, Cair, dan Gas untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Sambiroto Kunduran Blora.


Lutfia Adiningtyas, 2009 (2009) Penerapan Metode Eksperimen Pokok Bahasan Benda Padat, Cair, dan Gas untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Sambiroto Kunduran Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Metode Eksperimen Pokok Bahasan Benda Padat, Cair, dan Gas untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Sambiroto Kunduran Blora]
Preview
PDF (Penerapan Metode Eksperimen Pokok Bahasan Benda Padat, Cair, dan Gas untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Sambiroto Kunduran Blora) - Published Version
Download (20kB) | Preview

Abstract

Adiningtyas, Lutfia. 2009. Penerapan Metode Eksperimen Pokok Bahasan Benda Padat, Cair, dan Gas untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Sambiroto Kunduran Blora. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Dwi Yulianti, M.Si. Pembimbing II: Drs. Mosik, M.S. Kata kunci : metode eksperimen, kemampuan berpikir Pembelajaran sains pada umumnya masih didominansi guru dengan metode ceramah dan kurang melibatkan aktivitas siswa melakukan kerja ilmiah, akibatnya hasil belajar siswa masih rendah dan kegiatan belajar siswa pun belum menyentuh aspek psikomotorik dan aspek lain yang berkenaan dengan proses pengembangan kemampuan dalam berpikir. Guru perlu mengubah strategi mengajar yang lama dengan strategi mengajar baru yang memungkinkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, mencapai hasil belajar yang baik, dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir salah satunya berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto Kunduran Blora tahun 2008/2009 pokok bahasan benda padat, cair, dan gas melalui penerapan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam empat siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data hasil kemampuan berpikir kritis diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis yang terdapat dalam Lembar Kerja Siswa (LKS), data hasil belajar kognitif diperoleh dari post test, sedangkan data hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari hasil pengamatan berupa lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya hasil kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto Kunduran Blora tahun 2008/2009 secara signifikan setelah dilakukan penerapan metode eksperimen pokok bahasan benda padat, cair, dan gas. Ketuntasan klasikal hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai 43.48%, siklus II 80.44%, siklus III 82.61% dan siklus IV 93.48%. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa siklus I mencapai 34.78%, siklus II 58.70%, siklus III 86.96%, dan siklus IV 100%. Ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa siklus I mencapai 89.13%, siklus II 93.48%, siklus III 95.65%, dan siklus IV 97.83%. Ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotorik siswa siklus I mencapai 32.61%, siklus II 41.30%, siklus III 86.96%, dan siklus IV 91.30%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen pokok bahasan benda padat, cair dan gas dapat melatih kemapuan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto Kunduran Blora tahun 2008/2009. Untuk lebih meningkatkan efektifitas penerapan metode eksperimen diperlukan penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan atau materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode eksperimen, kemampuan berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 29 Sep 2011 06:24
Last Modified: 29 Sep 2011 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4958

Actions (login required)

View Item View Item