Mathematical Communication Ability by Grade VII Students Using a Themed ProblemBased Learning with Scaffolding on Rectangle Materials


D. A. Saputro, - and MASRUKAN, - and Arief Agoestanto, FMIPA Pendidikan Matematika (2017) Mathematical Communication Ability by Grade VII Students Using a Themed ProblemBased Learning with Scaffolding on Rectangle Materials. Unnes Journal of Mathematics Education, 6 (2). ISSN 2252-6927

[thumbnail of Mathematical Communication Ability by Grade VII Students Using a Themed ProblemBased Learning with Scaffolding on Rectangle Materials.pdf] PDF - Published Version
Download (917kB)
[thumbnail of Review Mathematical Communication Ability by Grade VII Students Using a Themed Problem Based Learning with Scaffolding on Rectangle Materials.pdf] PDF - Published Version
Download (905kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menguji komunikasi matematis siswa mengggunakan model PBL bertema dengan scaffolding, PBL bertema, dan PBL mencapai ketuntasan belajar; menguji komunikasi matematis siswa yang menggunakan model PBL bertema dengan scaffolding, PBL bertema, dan PBL; serta menguji komunikasi matematis siswa untuk kelompok rendah, kelompok sedang, dan kelompok tinggi yang menggunakan model PBL bertema dengan scaffolding, PBL bertema, dan PBL. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 22 Semarang dan sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VII E, VII F dan VII G. Digunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata,uji proporsi satu pihak, uji anova, dan uji lanjut scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komunikasi matematis siswa menggunakan model PBL bertema dengan scaffolding, PBL bertema, dan PBL mencapai ketuntasan belajar, (2) terdapat perbedaan pada kelas yang menggunakan model PBL bertema dengan scaffolding, PBL bertema, serta PBL, (3) Untuk kelompok rendah, sedang, dan tinggi terdapat perbedaan pada kelas yang menggunakan pembelajaran model PBL bertema dengan scaffolding, PBL bertema, serta PBL.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, PBL, Bertema, Scaffolding
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:53
Last Modified: 08 Apr 2022 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49556

Actions (login required)

View Item View Item