Analysis Critical Thinking Stage of Eighth Grade in PBL-Scaffolding Setting To Solve Mathematical Problem


N. A. Isti, - and Arief Agoestanto, FMIPA Pendidikan Matematika and A. W. Kurniasih, - (2017) Analysis Critical Thinking Stage of Eighth Grade in PBL-Scaffolding Setting To Solve Mathematical Problem. Unnes Journal of Mathematics Education, 6 (1). ISSN 2252-6927

[thumbnail of Turnitin Analysis Critical Thinking Stage of Eighth Grade in PBL-Scaffolding Setting To Solve Mathematical Problems.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Review Analysis Critical Thinking Stage of Eighth Grade in PBL-Scaffolding Setting To Solve Mathematical Problems.pdf] PDF - Published Version
Download (896kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tahap berpikir kritis siswa kelas VIII dalam setting PBL dan scaffolding untuk menyelesaikan masalah matematika.Tahap berpikir kritisnya yaitu tahap klarifikasi, tahap asesmen, tahap penyimpulan, dan tahap strategi/taktik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian merupakan dua siswa pada tiap-tiap tingkat berpikir kritis (tidak kritis, kurang kritis, cukup kritis, dan kritis). Sehingga subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Temanggung. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi (1) tahap berpikir kritis siswa dalam setting PBL, yaitu pada tahap klarifikasi semakin tinggi kemampuan berpikir kritis subjek, subjek dapat mengidentifikasi informasi pada soal secara utuh, dapat mendefinisikan masalah menjadi lebih rinci, dan dapat menggali hubungan antar informasi yang ada pada soal; (2) teknik scaffolding yang diberikan berdasarkan tahap berpikir kritis dan TKBK, yaitu pada tahap asesmen, scaffolding yang diberikan yaitu memberikan petunjuk/kunci yang diberikan secara klasikal; dan (3) perubahan karakteristik tahap berpikir kritis siswa setelah diberikan scaffolding dikarenakan pembiasaan belajar dalam setting PBL dan scaffolding.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tahap berpikir kritis; PBL; Scaffolding.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Apr 2022 01:43
Last Modified: 08 Apr 2022 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49555

Actions (login required)

View Item View Item