ASESMEN KEBUTUHAN DAN SUMBER BELAJAR MASYARAKAT


Mintarsih Arbarini, 196801211993032002 (2022) ASESMEN KEBUTUHAN DAN SUMBER BELAJAR MASYARAKAT. UNNES Press, Semarang. ISBN 978-602-285-315-2

[thumbnail of 2. Asesmen Kebutuhan dan Sumber Belajar Masyarakat - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

Pendidikan nonformal memiliki peran yang penting dalam pembangunan manusia Indonesia. Pendidikan nonformal diharapkan membawa perubahan pembangunan di masyarakat dengan melibatkan masyarakat untuk dapat mendiagnosis kebutuhan, menyusun perencanaan, merumuskan program yang relevan dengan kebutuhan, dan menilai apa yang telah dilakukan. Pembelajaran di masyarakat diharapkan berasal dari pengalaman kelompok sasaran, sesuai dengan kebutuhan dan minat kelompok sasaran masyarakat sehingga membuat masyarakat menjadi tanggap terhadap kehidupan dan berguna bagi kehidupannya. Oleh sebab itu, pentingnya asesmen kebutuhan dan sumber belajar sebagai tahapan awal untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam mengoptimalkan pembelajaran khususnya pada pendidikan non formal. Proses assesment sebagai suatu tahap dalam pengembangan masyarakat yang membantu pelaku perubahan untuk mengetahui apa yang ingin mereka lakukan (knowing what they want to do) berdasarkan pada pengetahuan tentang kondisi apa yang sudah mereka capai saat ini. Buku Asesmen Kebutuhan dan Sumber Belajar Masyarakat yang ditulis oleh Prof. Dr. Joko Sutarto, M.Pd, Dr. Mintarsih Arbarini, M.Pd, Hendra Dedi Kriswartanto, S.Pd., M.Pd, dan All Fine Loretha, S.Pd., M.Pd sebenarnya berawal dari proses diskusi bersama atas keresahan dalam menggali, mengidentifikasi, dan asesmen mengenai kebutuhan belajar masyarakat. Dengan memahami konsep dan teori tentang asesmen kebutuhan belajar masyarakat, pembaca khususnya yang aktif dalam pendidikan non formal akan lebih mudah untuk mengembangkan pembelajaran berdasarkan pada masyarakat. Kebutuhan belajar di masyarakat yang beranekaragam perlu dipahami secara khusus dan komprehensi, sehingga tercipta pendidikan yang sesuai kebutuhan dan yang dapat mengembangkan dan meningkatkan potensi masyarakat. Buku ini sangat cocok untuk dibaca bagi yang ingin mendalami bidang pendidikan nonformal atau pembelajaran di masyarakat, khususnya Pendidikan nonformal. Asesmen kebutuhan belajar masyarakat menjadi proses awal yang sangat penting karena merupakan media bagi para praktisi untuk mengetahui segala permasalahan yang terjadi pada suatu wilayah, potensi-potensi/sumber daya yang dimiliki (SDA, SDM, dan sumber daya buatan), baik yang telah dikelola maupun yang belum, kondisi sosial budaya masyarakat, kebutuhan utama masyarakat dll. Namun hal yang harus diingat bahwa kedudukan para praktisi adalah sebagai fasilitator, yang bertugas hanya mendampingi dan mengarahkan masyarakat untuk melakukan diskusi yang terbuka bersama-sama pihak lain yang terkait, dalam suasana persaudaraan dan kebersamaan, untuk mewujudkan tujuan bersama. Untuk itulah, perlunya buku ini dihadirkan sebagai konsep dan panduan untuk melakukan asesmen kebutuhan belajar masyarakat. Buku ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa, namun juga untuk para praktisi, fasilitator maupun para akademisi. Sebagai sejawat, saya menyambut gembira dan memberikan apreasiasi setinggi-tingginya atas terbitnya buku ini. Buku ini merupakan sumbangan yang sangat berharga bagi khasanah kajian pendidikan nonformal khususnya pada proses asesmen kebutuhan belajar masyarakat sebagai upaya memperbaiki kualitas pendidikan dan pemberdayaan di masyarakat. Sungguh ini adalah karya yang sangat inspiratif.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 07 Apr 2022 02:52
Last Modified: 07 Apr 2022 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49545

Actions (login required)

View Item View Item