Kemampuan Koneksi Matematis Dan Entrepreneurship Siswa SMK Dalam Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Terintegrasi Stem


Ainun Ni'mah, - and SCOLASTIKA MARIANI, FMIPA Matematika and Ardhi Prabowo, - (2019) Kemampuan Koneksi Matematis Dan Entrepreneurship Siswa SMK Dalam Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Terintegrasi Stem. Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi, 1 (1).

[thumbnail of Kemampuan Koneksi Matematis Dan Entrepreneurship Siswa SMK Dalam Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Terintegrasi Stem.pdf] PDF - Published Version
Download (538kB)
[thumbnail of Review Kemampuan koneksi matematis dan entrepreneurship siswa SMK dalam model pembelajaran project based learning dengan pendekatan terintegrasi stem.pdf] PDF - Published Version
Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji ketuntasan klasikal kemampuan koneksi matematis dalam model Pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM, (2) mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM lebih baik dari pembelajaran Ekspositori, dan zz) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dan entrepreneurship siswa dalam pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain embedded konkuren. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 1 (kelas eksperimen) dan kelas X LAS 1 (kelas kontrol) dari SMK Tunas Harapan Pati yang dipilih melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan wawancara. Dilakukan analisis data kuantitatif dan data kualitatif kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah, (1) kemampuan koneksi matematis siswa dalam model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM mencapai ketuntasan klasikal, (2) kemampuan koneksi matematis siswa dalam model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM lebih dari kemampuan koneksi matematis pembelajaran Ekspositori, (3) deskripsi kemampuan koneksi matematis dan entrepreneurship siswa melalui pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM yaitu; siswa kelompok atas memiliki entrepreneurship tinggi dan dapat memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis, siswa kelompok tengah memiliki entrepereneurship sedang dan memenuhi dua indikator kemampuan koneksi matematis dan masih kurang teliti, dan siswa kelompok bawah memiliki entrep

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Entrepreneurship, Model Pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:30
Last Modified: 06 Apr 2022 06:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49543

Actions (login required)

View Item View Item