Studi Perbedaan Keefektifan Pembelajaran LC-5E dan CIRC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Sulastri, - and SCOLASTIKA MARIANI, FMIPA Matematika and Mashuri, Matematika Unnes (2015) Studi Perbedaan Keefektifan Pembelajaran LC-5E dan CIRC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kreano Jurnal Matematika, 6 (1). pp. 26-32. ISSN 2086-2334
![]() |
PDF
- Published Version
Download (325kB) |
![]() |
PDF
- Published Version
Download (883kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah membandingkan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe LC-5E (Learning Cycle 5E) dan tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Ungaran. Sampel diam�bil secara cluster random sampling. Data akhir mengenai kemampuan pemecahan masalah peserta didik diambil menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji Anava dan uji lanjut LSD. Hasil peneli�tian menunjukkan kelas yang dikenai perlakuan pembelajaran LC-5E dan CIRC mencapai ketuntasan belajar. Dari uji Anava diketahui bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji lanjut LSD menunjukkan Kelompok Eksperimen 1 paling baik. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran LC-5E lebih efektif dibandingkan tipe CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Saran yang dapat direkomendasi�kan adalah pembelajaran LC-5E dapat digunakan sebagai alternatif dalam mengembangkan kemampuan pemeca�han masalah peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition); LC- 5E (Learning Cycle 5E); problem solving ability |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 05:50 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 05:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |