Analisis Karakteristik Berpikir Geometri Dan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Fase Van Hiele Berbantuan Geometers Sketchpad
Maya Kurniawati, - and Iwan Junaedi, - and SCOLASTIKA MARIANI, FMIPA Matematika (2015) Analisis Karakteristik Berpikir Geometri Dan Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Fase Van Hiele Berbantuan Geometers Sketchpad. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4 (2). ISSN 2252-6455
PDF
- Published Version
Download (138kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (798kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan karakteristik bepikir geometri dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek kelas 7 SMP N 2 Rembang yang diambil tiga siswa tiap level. Pengambilan datanya dilakukan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran berkategori baik. (1) Subjek level 1 dapat mendefinisikan, mengelompokkan jenis transformasi berdasarkan gambar, namun belum mengenal sifat, serta memiliki kemandirian belajar yang rendah, (2) subjek level 2 dapat mendefinisikan, mengelompokkan jenis transformasi dan menyebutkan sifat-sifatnya serta memiliki kemandirian belajar sedang, (3) subjek level 3 dapat mendefinisikan, mengelompokkan jenis transformasi dari gambar, menyebut sifat dan menghubungkan dengan jenis lainnya serta memiliki kemandirian belajar tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka guru dapat mendesain suatu pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir geometri siswa dengan memperhatikan karakteristik berpikir geometrinya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Characteristics of geometric thinking; Self Regulated Learning; Van Hiele’s phase-based learning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 05:42 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 05:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49533 |
Actions (login required)
View Item |