IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SISWA DI SMA 1 GEBOG KUDUS


Miftahur Rizqi Utomo, 3401416072 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SISWA DI SMA 1 GEBOG KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401416072 - Miftahur Rizqi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan Pendidikan karakter merupakan kebijakan yang dilaksanakan dalam suatu Lembaga Pendidikan untuk mendidik karakter siswa untuk membentuk karakter siswa. Pendidikan karakter melalui program adiwiyata tersebut mendorong siswa untuk membentuk karakter tidak hanya peduli sosial tetapi peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui implementasi kebijakan pendidikan karakter melalui program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli pada SMA 1 Gebog, Mengetahui Nilai implementasi, dan kendala program adiwiyata dalam pembentukan karakter peduli pada SMA 1 Gebog. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA 1 Gebog. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep teori Pendidikan Karakter dari Thomas Lickona. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program adiwiyata pada SMA 1 Gebog diantaranya adalah pengelolaan sarana ramah lingkungan seperti membuat sampah pada tempat sampah yang sudah di kategorikan, meminimalisir penggunaan sampah berbahan plastik, pembuatan pupuk kompos. Pembuatan pupuk kompos, siswa akan lebih sadar akan merawat lingkungan sehingga membentuk nilai kebersamaan, nilai peduli sosial, dan nilai peduli lingkungan. kendala dalam kebijakan program adiwiyata adalah kurangnya pemantauan dari pihak guru, siswa belum siap dalam hal mental karena dianggap kurang praktis. Saran, hasil penelitian ini dapat memberikan suatu sumbangan informasi terkait dengan implementasi program adiwiyata terhadap pembentukan karakter kehidupan sosial pada SMA 1 Gebog. Guru seharusnya melalukan pengecekan berkala untuk memantau siswa yang masih membuang sampah sembarangan. Maka, dapat dijadikan evaluasi terhadap kebijakan yang sudah dilaksanakan untuk menjadi bahan pengembangan program yang lebih unggul.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adiwiyata Program, Character Educating
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:52
Last Modified: 06 Apr 2022 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49522

Actions (login required)

View Item View Item