ANALISIS CYBERBULLYING DI SOSIAL MEDIA PADA ATLET PELATNAS BULUTANGKIS (Studi Kasus Pada Akun Instagram @christianadinata16)


MUHAMMAD DAFFA NUGRAHA, 6101417122 (2021) ANALISIS CYBERBULLYING DI SOSIAL MEDIA PADA ATLET PELATNAS BULUTANGKIS (Studi Kasus Pada Akun Instagram @christianadinata16). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417122 - M Daffa Nugraha.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Cyberbullying adalah suatu tindakan intimidasi yang sering dilakukan seusia anak-anak maupun remaja di dunia maya terutama di media sosial. Instagram diketahui sebagai media sosial yang paling sering menjadi tempat terjadinya cyberbullying. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kasus cyberbullying yang menyerang atlet bulutangkis Indonesia Christian Adinata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis cyberbullying, pengaruh cterhadap kepercayaan diri dan tanggapan Christian Adinata pada sosial media instagram. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif, objek utama pada penelitian ini adalah atlet pelatnas bulutangkis Indonesia Christian Adinata dan objek pendukung yaitu saudara dan teman dekat dari Christian Adinata. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan software NVIVO 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cyberbullying yang dilakukan oleh para penggemar bulutangkis disebabkan karena beberapa faktor antara lain iri, kalah dan belum mencapai target. Selain itu faktor kekecewaan kekalahan yang dirasakan penggemar bulutangkis menjadi alasan mengapa penggemar bulutangkis melakukan cyberbullying pada akun sosial media Christian Adinata. Respon yang dilakukan Christian Adinata pada saat mengalami cyberbullying yaitu dominan hegemonic position, karena dengan dihiraukan komentar yang mengandung unsur cyberbullying, itu membuat dirinya dapat melakukan aktifitas sehari-hari seperti biasa tanpa memikirkan secara berlebih, yang dapat mengganggu mental dan psikologisnya. Peneliti juga menyajikan visualisasi berupa project map yang berisi narasi terkait dengan data penelitian ini. Kesimpulan penelitian adalah jenis cyberbullying yang menyerang sosial media instagram @christianadinata16 yaitu flamming. Pengaruh yang ditimbulkan yang menyerang akun sosial media instagram @christianadinata16 adalah meningkatnya rasa semangat. Tanggapan yang dilakukan Christian Adinata adalah dibiarkan atau tidak ditanggapi karena dengan dihiraukan komentar yang mengandung unsur cyberbullying, itu membuat dirinya dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan seperti biasa tanpa memikirkan secara berlebih yang dapat mengganggu mental dan psikologisnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Cyberbullying, Instagram
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:31
Last Modified: 06 Apr 2022 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49517

Actions (login required)

View Item View Item