PENGARUH JENIS ELEMEN PEMANAS TERHADAP LAMA WAKTU PENCAIRAN ALUMINIUM DENGAN PENGATURAN TEMPERATUR PADA TUNGKU TAHANAN LISTRIK


Bahar, 5201413073 (2020) PENGARUH JENIS ELEMEN PEMANAS TERHADAP LAMA WAKTU PENCAIRAN ALUMINIUM DENGAN PENGATURAN TEMPERATUR PADA TUNGKU TAHANAN LISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201413073 - Bahar.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada proses pencairan logam aluminium, perlu menggunakan tungku listrik dengan sistem mekanisme tahanan listrik. Tungku dengan sistem mekanisme tahanan listrik memiliki piranti utama yaitu elemen pemanas. Elemen pemanas berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi panas melalui proses joule heating. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan uji pengaruh jenis elemen pemanas terhadap lama waktu pencairan 1 kg al dengan peraturan temperatur 1.000oC pada tungku tahanan listrik menggunakan kawat Kanthal A-1 dan Nikelin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mencari perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Teknik pengumpulan data dengan beberapa tahap yakni studi literatur, persiapan alat dan bahan, perancangan, pembuatan, pengujian, analisis data, dan penarikan simpulan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pencairan logam aluminium berkapasitas 1 Kg dengan pengaturan temperatur 1000oC menggunakan kawat Kanthal adalah selama 2700 detik atau 45 menit, sedangkan menggunakan kawat Nikelin adalah selama 2600 detik atau 43 menit 33 detik. Hal tersebut menunjukkan bahwa waktu yang diperoleh kawat jenis Khantal lebih tinggi daripada jenis kawat Nikelin. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan kawat jenis Nikelin pada proses peleburan aluminium 1 Kg memiliki temperatur lebih baik daripada kawat jenis Khantal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pencairan logam; Aluminium; Tungku tahanan listrik; Khantal; Nikelin
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:33
Last Modified: 05 Apr 2022 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49513

Actions (login required)

View Item View Item