KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKPD DAN EVALUASI QUIZIZZ PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL


Ayu Meizy Azizah, 4301416019 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKPD DAN EVALUASI QUIZIZZ PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301416019 - Ayu Meizy.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep dan intrapersonal peserta didik di SMA Negeri 1 Polokarto Kabupaten Sukoharjo belum dikembangkan secara maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan kurang efektif dalam mengembangkan pemahaman konsep dan intrapersonal peserta didik. Peserta didik cenderung pasif saat pembelajaran dan kurang mengetahui kemampuan yang ada dalam dirinya. Cara menangani permasalahan tersebut adalah dengan memperbaiki cara mengajar guru salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat mengembangkan pemahaman konsep dan intrapersonal peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD dan evaluasi quizizz pada pemahaman konsep dan kecerdasan intrapersonal. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling dengan menggunakan dua kelas sampel yaitu kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4 berdasarkan saran guru pengampu mata pelajaran kimia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan posttest only di akhir pembelajaran, observasi pada saat pelaksanaan praktikum, observasi pada saat diskusi, dan presentasi. Pembelajaran di sekolah peserta didik cenderung diberikan informasi dan menghafal materi. Hal tersebut menyebabkan pemahaman materi peserta didik belum optimal. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami konsep khususnya pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia. Hasil penelitian pemahaman konsep dengan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan Independent Sample Ttest yang diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,00 < 0,05 membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Presentase kecerdasan intrapersonal pada kelas eksperimen memiliki rerata sebesar 91,93% dan kelas kontrol memiliki rerata sebesar 85,68% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, model pembelajaran inkuiri berbantuan LKPD dan evaluasi quizizz efektif dalam proses pembelajaran karena dengan bimbingan guru peserta didik mandiri dan aktif di kelas (student centered).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Kecerdasan Intrapersonal, Inkuiri Terbimbing
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:22
Last Modified: 05 Apr 2022 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49512

Actions (login required)

View Item View Item