PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB LOG SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH LOKASI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA SEMARANG


Sopian Khairudin, 5101416025 (2021) PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB LOG SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH LOKASI SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101416025 - Sopian Khairudin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem informasi geografis berbasis web log sebagai alat bantu pengambilan keputusan memilih lokasi Sekolah Dasar Negeri di Kota Semarang. Data sekolah berdasarkan data resmi dari Dinas Pendidikan Kota Semarang. Penelitian ini fokus pada pengembangan sistem dan pengujian kualitas Web GIS sesuai dengan ISO 25010 pada aspek functionality, realibility, usability, dan portability. Web GIS hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu masyarakat maupun dinas dalam pengambilan keputusan. Proses pengembangan Web GIS menggunakan model Reaserch and Development (R&D) dengan desain penelitian pengembangan level 4 (meneliti dan menguji dalam menciptakan produk baru), yaitu (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk (pembuatan produk); (4) Validasi desain; (5) Revisi produk; (6) Uji coba produk skala terbatas; (7) Revisi produk; (8) Uji coba skala luas; (9) Revisi produk pemakaian; (10) Produksi akhir; (11) Penyusunan laproran penelitian. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk pengujian aspek functionality dan usability sedangkan pengujian aspek realibility menggunakan aplikasi Web Application Load, Stress and Performance Testing “WAPT Pro versi 4.5” dan portability menggunakan website testing “Sort Site”. Hasil dari penelitian adalah: Web GIS dapat diakses menggunakan perangkat keras yang terkoneksi internet dan membantu masyarakat mengambil keputusan dengan menentukan lokasi terdekat yang masuk dalam radius layanan sekolah. Menghasilkan Sistem Informasi Geografis dengan visualisasi data yang berisi informasi sebaran Sekolah Dasar Negeri di Kota Semarang yang disajikan secara jelas kepada masyarakat. Sebagai media penyebaran informasi sekolah dasar yang memenuhi standar kelayakan web server ISO 25010. Kualitas sistem ini didukung dengan hasil pengujian yang dilakukan dengan pihak ahli media, dan pengguna yaitu : aspek functionality dengan nilai 0.93, aspek reliability sebesar 95%, aspek portability berjalan pada 5 browser desktop dan 4 browser mobile, aspek usability sebesar 80.66%. Dari hasil-hasil tersebut maka Web GIS memenuhi semua aspek pengujian ISO 25010 dan dapat berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis, Sekolah Dasar, Web Log.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:13
Last Modified: 05 Apr 2022 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49505

Actions (login required)

View Item View Item