Pengaruh Kemitraan dan Orientasi Kewirausahaan Pada Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Olahan Ikan Kerupuk Amplang di Kota Banjarmasin)


DITA ANDRIENA SUWARDI, 7311416223 (2021) Pengaruh Kemitraan dan Orientasi Kewirausahaan Pada Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing (Studi Pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Olahan Ikan Kerupuk Amplang di Kota Banjarmasin). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416223 - Dita Andriena.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan hal penting pada industri kecil dan menengah, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemitaan dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah keunggulan bersaing mampu memediasi kemitraan dan orientasi kewirausahaan pada kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah olahan ikan kerupuk amplang di Kota Banjarmasin sebanyak 170 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 119 responden dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS v20. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kemitraan dan orientasi kewirausahaann memiliki pengaruh pada kinerja pemasaran, selanjutnya kemitraan dan orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hasil uji path analysis juga menunjukan bahwa keunggulan bersaing mampu memediasi hubungan antara kemitraan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Tinggi rendahnya kemitraan dan orientasi kewirausahaan mempengaruhi kinerja pemasaran pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah olahan ikan kerupuk amplang di Kota Banjarmasin. Keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kinerja pemasaran sehingga dapat memediasi hubungan kemitraan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah olahan ikan kerupuk amplang di Kota Banjarmasin. Saran untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah olahan ikan kerupuk amplang di Kota Banjarmasin diharapkan mampu meningkatkan strategi kemitraan dan juga orientasi kewirausahaan mereka, karena semakin baik strategi kemitraan dan orientasi kewirausahaan yang diterapkan maka dapat meningkatkan keunggulan mereka dalam bersaing yang secara simultan akan meningkatkan kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemitraan, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:57
Last Modified: 05 Apr 2022 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49503

Actions (login required)

View Item View Item