Faktor – faktor yang Mempengaruhi Indeks Kinerja Lingkungan


Shela Mareta Fera Feronica, 7111416114 (2021) Faktor – faktor yang Mempengaruhi Indeks Kinerja Lingkungan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7111416114 - Shela Mareta Fera Feronica.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas lingkungan dinilai semakin menurun dari waktu ke waktu dibuktikan dengan adanya berbagai permasalahan lingkungan seperti pemanasan global dan perubahan iklim. Maka dari itu diperlukan berbagai upaya pelestarian lingkungan yang harus dilakukan oleh setiap negara. Salah satu parameter yang digunakan untuk melihat seberapa baik kinerja suatu negara dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan mengatasi masalah yang terkait dengan lingkungan adalah Indeks Kinerja Lingkungan yang dibuat oleh Yale Center for Environmental Law and Policy. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja faktor – faktor yang dapat mempengaruhi Indeks Kinerja Lingkungan tersebut. Lingkup studi kasus penelitian ini adalah 171 negara pada periode waktu tahun 2018 disesuaikan dengan ketersediaan data pada setiap variabel yang digunakan dalam penelitian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan regresi berganda dengan metode Ordinary Least Square. Variabel dependen pada penelitian ini adalah Indeks Kinerja Lingkungan (Y) dan variabel independennya adalah PDB Per kapita (X1), indeks pendidikan (X2), Efektivitas Pemerintah (X3), Kepadatan Penduduk (X4), serta klasifikasi negara berdasarkan pendapatan (X5) sebagai variabel dummy. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa variabel PDB Per kapita, indeks pendidikan, dan indeks Efektivitas Pemerintah berpengaruh signifikan dan positif terhadap Indeks Kinerja Lingkungan. Variabel Kepadatan Penduduk berpengaruh signifikan dan negatif terhadap Indeks Kinerja Lingkungan. Sedangkan variabel klasifikasi negara berdasarkan pendapatan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Indeks Kinerja Lingkungan. Hal ini dikarenakan cukup banyak anggota dari klasifikasi negara berkembang yang masih mampu mendapatkan penilaian Indeks Kinerja Lingkungan yang baik. Dengan demikian saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah negara – negara di dunia terutama negara yang masih memiliki Indeks Kinerja Lingkungan yang tidak cukup baik meningkatkan kualitas pendidikannya. Karena sumber daya manusia yang berpendidikan akan lebih mudah berkompromi dalam upaya – upaya pelestarian lingkungan karena mereka memiliki wawasan yang lebih luas terkait isu – isu dan dampak dari menurunnya kualitas lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Indeks Kinerja Lingkungan, PDB Per kapita, Indeks Pendidikan, Indeks Efektivitas Pemerintah, Kepadatan Penduduk, Klasifikasi Negara.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2022 03:05
Last Modified: 05 Apr 2022 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49500

Actions (login required)

View Item View Item