PENGARUH LATIHAN AGILITY HURDLE DRILLS 6 INCH DAN 12 INCHTERHADAP FOOTWORKATLET BULUTANGKIS USIA ANAK-ANAK PB. TUGU MUDA SEMARANG


Sely Tyananta Aji Pratama, 6211416072 (2021) PENGARUH LATIHAN AGILITY HURDLE DRILLS 6 INCH DAN 12 INCHTERHADAP FOOTWORKATLET BULUTANGKIS USIA ANAK-ANAK PB. TUGU MUDA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211416072 - Sely Tyananta Aji Pratama.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Footwork merupakan salah satu teknik dalam permainan bulutangkis. Minimnya latihan untuk peningkatan footwork di PB. Tugu Muda Semarang membuat keterampilan bulutangkis kurang maksimal. Latihan agility hurdle drills merupakan latihan yang tepat untuk meningkatkan kinerja kaki. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh latihan agility hurdle drills terhadap footwork atlet bulutangkis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif desain penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling dengan sampel atlet bulutangkis kelompok usia anak-anak yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan footwork-test court agility test. Teknik analisis data mengggunakan uji t. Hasil penelitian didapat dari pired t test pre test post test masing-masing kelompok dan independent t test post test kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan agility hurdle drills 6 inch dan 12 inch terhadap footwork, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan agility hurdle drills 6 inch dan 12 inch. Latihan agility hurdle drills dengan ketinggian 6 inch maupun 12 inch sama�sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap footwork atlet bulutangkis dan kedua hurdle beda ketinggian tersebut tidak memiliki perbedaan pengaruh yang signifikan. Saran untuk pelatih agar lebih memperhatikan kualitas footwork atlet dengan menambahkan latihan agility hurdle drills pada latihan klub.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Agility Hurdle Drills 6 Inch dan 12 Inch, Footwork, Bulutangkis
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:30
Last Modified: 05 Apr 2022 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49497

Actions (login required)

View Item View Item