Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di Sma N 1 Semarang


Doni Harfiyanto, - and Cahyo Budi Utomo, FIS Pendidikan Sejarah and Tjaturahono Budi Sanjoto, - (2015) Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di Sma N 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 4 (1). ISSN 2502-4442

[thumbnail of Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di Sma N 1 Semarang.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of Review Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di SMA N 1 Semarang.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna melihat pola dan bentuk interaksi sosial antar siswa serta dampak dari penggunaan gadget. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif yang menggambarkan secara objektif pola interaksi sosial yang terjadi pada siswa pengguna gadget. Lokasi penelitian di SMA N 1 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian adalah didapatkannya gambaran pola interaksi sosial, siswa lebih memilih menggunakan gadget dan jika tidak ditanggapi baru siswa bertemu dengan orang yang dimaksud, bentuk-bentuk interaksi yang terjadi melalui interaksi menggunakan gadget dapat menjadi dua, proses asosiatif dan proses disasosiatif. Proses asosiatif bentuk-bentuk interaksi sosial yang terjadi menggunakan gadget, siswa banyak melakukan kerjasama mengerjakan tugas, pekerjaan rumah, bertukar informasi, sedangkan proses disasosiatif yaitu konflik, tidak pernah ada konflik yang serius, yang terjadi hanya sebatas perbedaan pendapat serta salah paham yang dapat diselesaikan langsung oleh siswa. Dampak negatif dari penggunaan gadget adalah siswa menjadi lupa waktu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Social Interaction Pattern, Gadget, Students
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Apr 2022 00:58
Last Modified: 05 Apr 2022 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49494

Actions (login required)

View Item View Item