FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI BERWIRAUSAHA DARING SISWA JURUSAN PEMASARAN


Mugiono, 0701517008 (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI BERWIRAUSAHA DARING SISWA JURUSAN PEMASARAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0701517008.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Intensi berwirausaha daring adalah keinginan diri seorang dengan melakukan beberapa upaya mencari informasi dan perencanaan untuk mencapai tujuan usaha dalam jaringan internet. Beberapa faktor yang diduga mempengaruhi fenomena tersebur antara lain literasi digital, pendidikan kewirausahaan, pembelajaran bisnis online, dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital, pendidikan kewirausahaan, pembelajaran bisnis online, dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha daring. Selain itu, penelitian ini untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan pendidikan kewirausahan dapat dimediasi pembelajaran bisnis online dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha daring peserta didik jurusan Pemasaran se-kabupaten Batang. Metode penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik jurusan Pemasaran se-kabupaten Batang dengan jumlah 345 peserta didik. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 160 peserta didik sebagai responden dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Motode analisis data dengan analisis deskriptif, analisis konfirmatori dan analisis model persamaan struktural (structural equation modeling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital, pendidikan kewirausahaa, pembelajaran bisnis online dan kreativitas berpengaruh terhadap intensi berwirausaha daring. Sedangan pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kreativitas. Variabel pembelajaran bisnis online dan kreativitas memediasi literasi digital terhadap intensi berwirausaha daring. Sedangkan variabel kreativitas tidak memediasi pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha daring. Berdasarkan hasil penelitian, Pendidikan Kewirausahaan yang tidak memiliki pengaruh terhadap kreativitas. Maka pihak sekolah perlu melakukan kegiatan pendidikan kewirausahaan yang bisa meningkatkan kreativitas peserta didik. Karena pendidikan kewirausahaan cenderung hanya memperhatikan keterampilan saja, tidak dibuat bagaimana cara meningkatkan kreativitas seperti dalam melakukan inovasi produk yang dihasilkan dari pembelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Pendidikan Kewirausahaan, Pembelajaran bisnis online, kreativitas, intensi berwirausaha daring.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 14:05
Last Modified: 01 Apr 2022 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49483

Actions (login required)

View Item View Item