PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA KELAS VII UNTUK PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN BERBASIS INTERMEDIA


Damar Yogananta, 0104517011 (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA INDONESIA KELAS VII UNTUK PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN BERBASIS INTERMEDIA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0104517011 - Damar Yogananta.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan buku intermedia ini dilatarbelakangi oleh kondisi pelaksanaan remedial dan pengayaan pelajaran Bahasa Indonesia yang belum optimal. Salah satu hasil penelitian pendahuluan adalah dibutuhkan buku yang mampu mengakomodasi proses remedial dan pengayaan peserta didik sesuai perkembangan zamannya. Penerapan konsep integrasi multimedia (intermedia) ke dalam buku diharapkan menjadi cara baru untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi penggunaan buku Bahasa Indonesia Kelas VII yang sekarang digunakan, pelaksanaan proses remedial Bahasa Indonesia, dan pengembangan Buku Intemedia untuk mendukung proses remedial. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan tiga langkah utama yaitu: (1) persiapan, (2) pengembangan, (3) eksperimen. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Maria Mediatrix. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk Buku Intermedia Bahasa Indonesia Kelas VII. Validasi buku dilakukan pada aspek kelayakan isi, penyajian, kegrafikaan, dan integrasi multimedia. Validasi media dilakukan pada aspek petunjuk, isi, penggunaan, dan daya tarik. Dari hasil penelitian produk dinyatakan layak dengan hasil validasi buku 4.33 dengan kategori “sangat baik”. Hasil validasi media mendapatkan rerata 4.29 dengan kategori “sangat baik”. Peneliti juga mengumpulkan data validasi dari pengguna dan mendapat hasil penilaian 4.19 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis data pretest dan postest, terdapat peningkatan N-gain sebesar 0.38 dengan kategorisasi sedang. Produk teruji efektif untuk digunakan untuk mendukung proses remedial Bahasa Indonesia Kelas VII. Pengembangan buku sejenis (intermedia) sangat disarankan untuk membawa pembelajaran lebih dekat kepada peserta didik masa kini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku, intermedia, proses remedial, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 12:43
Last Modified: 01 Apr 2022 12:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49475

Actions (login required)

View Item View Item