PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA SPEAKING ABILITY PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TINGGI TEOLOGI SEMARANG


Somya Ruth Nindyo Kirono, 0106517039 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA SPEAKING ABILITY PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TINGGI TEOLOGI SEMARANG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0106517039 - somya ruth.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketiadaan instrumen penilaian Speaking Ability pada mata kuliah Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Simpson Ungaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian unjuk kerja yang valid dan reliabel sehingga dapat digunakan oleh dosen Bahasa Inggris untuk menilai keterampilan mahasiswa STT Simpson Ungaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode pengembangan instrumen. Desain penelitian mengikuti 10 langkah pengembangan instrumen non tes Djemari Mardapi yang terdiri dari spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran, menelaah instrumen, merakit instrumen, melakukan uji coba, menganalisis instrumen, melaksanakan pengukuran dan menafsirkan hasil instrumen. Subyek uji coba instrumen sejumlah 29 mahasiswa yang terdiri dari 10 mahasiswa jurusan Teologi dan 19 mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Kristen di STT Simpson Ungaran. Hasil penelitian memperoleh instrumen penilaian unjuk kerja speaking ability yang valid dan reliabel dimana yang valid secara isi pada instrumen sebanyak 8 butir. Nilai reliabilitas berdasarkan penilaian ahli sebesar 0,64. Hasil dari KMO pada uji di lapangan pada instrumen menunjukkan nilai KMO 0,681 yang berarti memenuhi kriteria yakni sudah berada diatas 0,5 sehingga instrumen dapat dianalisis lebih lanjut. Instrumen terbentuk menjadi 2 faktor yaitu faktor Kebahasaan dan Non Kebahasaan. Instrumen yang dikembangakan valid secara konstruk karena mampu menjelaskan variasi keseluruhan sebesar 61,62% dan 19,36%. Hasil reliabilitas instrumen unjuk kerja speaking ability berdasarkan uji di lapangan menunjukkan nilai koefisien yang tinggi yakni 0,896. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa instrumen penilaian unjuk kerja speaking ability yang dikembangkan telah memenuhi syarat valid dan reliabel. Implikasi dari instrumen unjuk kerja yang baku dapat mempermudah dosen dalam proses penilaian dan membantu dosen dalam melakukan penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Penilaian Unjuk Kerja, Speaking Ability
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 12:38
Last Modified: 01 Apr 2022 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49474

Actions (login required)

View Item View Item