IMPLEMENTASI MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES BERBANTUAN LIVE WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN


Rofiq Ahmad, 0103518073 (2022) IMPLEMENTASI MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES BERBANTUAN LIVE WORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0103518073_Tesis lengkap - rofiq ahmad.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini asesmen sedang dilakukan menggunakan asesmen kompetensi minimum sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran CUPs menggunaan liveworksheet terhadap asesmen kompetensi minimum di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan true experimental design. Adapun desain yang digunakan yaitu pre-test post-test control group. Teknik sampling yang digunakan adalah rendom sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas V A dan V B yang berjumah 44 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis pada penelitian ini yaitu menggunakan uji ketuntasan klasikal dan independent t-test serta N-gain. Hasil perhitungan literasi dan numerasi siswa didapatkan bahwa menggunakan CUPs berbantuan liveworksheet lebih efektif daripada pembelajaran ekspositori. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siswa sudah mencapai lebih dari 75 %, rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih dari dari kelas kontrol, serta peningkatan nilai siswa sebelum diterapkan treatmen memperoleh rata-rata 66 dan setelah diterapkan treatmen memperoleh rata-rata 78, artinya bahwa peningkatan berdasarkan Gainnya yaitu 0,35 dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: CUPs; Liveworksheet; AKM
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 12:34
Last Modified: 01 Apr 2022 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49473

Actions (login required)

View Item View Item