PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN UJI KOMPETENSI BAGI TARUNA PROGRAM STUDI TATA LAKSANA ANGKATAN LAUT DAN KEPELABUHAN POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG


Nur Rohmah, 0101618041 (2022) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN UJI KOMPETENSI BAGI TARUNA PROGRAM STUDI TATA LAKSANA ANGKATAN LAUT DAN KEPELABUHAN POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Draft Final 15032022 - Nur Rohmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Uji kompetensi merupakan langkah untuk menilai keterampilan, pengetahuan, dan sikap kerja Taruna prodi TALK dalam melakukan sebuah pekerjaan tertentu yang spesifik. Selama ini manajemen uji kompetensi masih menggunakan cara-cara konvensional, sehingga memerlukan waktu melebihi rencana yang telah dibuat. Sekarang ini teknologi dapat dipergunakan untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model manajemen uji kompetensi bagi taruna Prodi TALK PIP Semarang yang selama ini diterapkan, mengidentifikasi kelemahan-kelemahan manajemen uji kompetensi bagi taruna Prodi TALK PIP Semarang, merancang pengembangan desain model manajemen uji kompetensi yang ideal bagi taruna Prodi TALK PIP Semarang. Penelitian turut menguji keefektifan pengembangan model manajemen uji kompetensi bagi taruna Prodi TALK PIP Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D). Metode R&D bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifannya. Kegiatan utama R&D meliputi empat aktivitas, yaitu penelitian, perancangan, produksi, dan pengujian. Tahapan-tahapan pada penelitian research and development ini mengacu pada Borg and Gall. Hasil penelitian adalah bahwa model manajemen uji kompetensi berbasis digital bagi taruna Prodi TALK PIP Semarang yang meliputi waktu, metode pembayaran, pilihan skema, kemudahan pendaftaran, sistem pengarsipan, dan kepuasan telah terbukti ideal. Keefektivan model telah teruji dengan mempergunakan analisis berupa N-gain dan terbukti signifikan dengan mempergunakan uji-t. Desain model yang ideal dalam manajemen uji kompetensi adalah dengan berbasis digital. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penilaian taruna pada manajemen uji kompetensi bagi taruna prodi TALK PIP Semarang antara sebelum dan sesudah berbasis digital.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Uji Kompetensi, Teknologi Digital, Model Manajemen
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 12:08
Last Modified: 01 Apr 2022 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49468

Actions (login required)

View Item View Item