ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MODEL PBM BERBANTUAN ZOOM CLOUD MEETING DI KECAMATAN TRANGKIL PATI


Naili Darojatil Lathifah, 0103519063 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS V PADA MODEL PBM BERBANTUAN ZOOM CLOUD MEETING DI KECAMATAN TRANGKIL PATI. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0103519063 - Naili Darojatil Lathifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dan tingkat ketuntasan klasikal pada kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model PBM berbantuan zoom cloud meeting, menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model PBM berbantuan aplikasi zoom cloud meeting, dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta menganalisis profil kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mix methods dengan desain penelitian concurrent embedded design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun analisis data kuantitatif menggunakan uji ketuntasan individu, uj ketuntasan klasikal, uji banding sampel berpasangan, uji paired sample t-test, uji gain, uji perbedaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua proporsi. Adapun analisis data kualitatif menggunakan triangulasi dan deskriptif eksploratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi zoom cloud meeting efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang dilihat dari 1) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas dengan model PBM berbantuan zoom cloud meeting mencapai KKM dengan persentase ketuntasan lebih dari 75%. 2) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas dengan model PBM berbantuan zoom cloud meeting mengalami perbedaan dan peningkatan sebelum dan setelah pembelajaran. 3) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dan proporsi siswa yang mencapai KKM pada kelas dengan model PBM berbantuan zoom cloud meeting lebih baik dibanding kelas dengan penugasan. 4) profil kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model PBM berbantuan zoom cloud meeting pada masing-masing indikator kemampuan komunikasi matematis tulis masuk pada kategori sedang pada indikator pertama dan kedua dengan persentase 58,44% dan 54,68%, dan masuk kategori tinggi pada indikator ketiga dengan persentase 71,93%, serta indikator kemampuan komunikasi matematis lisan masuk kategori tinggi untuk semua indikator dengan persentase 92,35% dan 89,07%. Saran dari penelitian ini untuk penelitian selanjutnya adalah penting bagi guru untuk meningkatkan penguasaan model pembelajaran berbasis online serta pembiasaan dalam penerapannya sehingga siswa dapat lebih terbiasa dalam pengoperasian aplikasi bantuan dalam pelaksanan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah, Zoom Cloud Meeting
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 12:04
Last Modified: 01 Apr 2022 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49467

Actions (login required)

View Item View Item