ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI TTMC (THREE-TIER MULTIPLE CHOICE) DAN METODE CRI (CERTANTY OF RESPONSES INDEX)


Mazro'Atun Nikmah, 0402518006 (2022) ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI TTMC (THREE-TIER MULTIPLE CHOICE) DAN METODE CRI (CERTANTY OF RESPONSES INDEX). Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0402518006 - Mazroatun Nicmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Kesalahpahaman dalam penarikan kesimpulan atas sesuatu hal pembentuk konsep pemikiran yang disebabkan karena kesalahan dan ketidaklengkapan pemikiran terhadap hal tersebut disebut dengan miskonsepsi. Miskonsepsi yang telah ada dapat menimbulkan miskonsepsi berkelanjutan apabila tidak segera diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tingkat miskonsepsi yang terjadi pada calon guru IPA dalam materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian campuran (mixed-methode) dengan rancangan explanatory sequential design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan soal tes TTMC untuk analisis miskonsepsi dan wawancara mendalam (in-depth interview) untuk mengetahui faktor penyebab miskonsepsi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes diagnostik Three Tier Multiple Choice (TTMC). Teknik analisis data miskonsepsi menggunakan deskriptif persentase dan data faktor penyebab miskonsepsi menggunakan in-depth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi pada mahasiwa calon guru IPA sebesar 60,4% yang artinya miskonsepsi yang terjadi masuk dalam kategori tinggi. Pemahaman konsep dalam penelitian ini sangat rendah dengan persentase 28%. Faktor penyebab adanya miskonsepsi yang terjadi pada calon guru IPA dalam materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan disebabkan karena prakonsepsi mahasiswa calon guru IPA, referensi, guru , serta rendahnya minat dalam mencari kebenaran konsep materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Calon Guru IPA, Miskonsepsi, Three-TierMultiple Choice
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:13
Last Modified: 01 Apr 2022 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49462

Actions (login required)

View Item View Item