PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TARI KUPU-KUPU MANIS DI RA AISYAH PUDAKPAYUNG SEMARANGRAN TARI KUPU-KUPU MANIS DI RA AISYAH PUDAKPAYUNG SEMARANG


Evi Dwi Lestari Raharjo, 0204517012 (2022) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TARI KUPU-KUPU MANIS DI RA AISYAH PUDAKPAYUNG SEMARANGRAN TARI KUPU-KUPU MANIS DI RA AISYAH PUDAKPAYUNG SEMARANG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0204517012_TESIS FULL - evi dwi lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tari Kupu-Kupu Manis merupakan salah satu tari kreasi yang berasal dari lagu Kupu-Kupu Yang Lucu dengan ciri khas ragam gerak kupu-kupu saat beterbangan di taman. Tarian ini dijadikan sebagai salah satu materi tarian yang diberikan di era pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini menganalisis dan mendeskripsikan proses kegiatan belajar mengajar dan proses penanaman nilai karakter dalam pembelajaran tari Kupu-Kupu Manis Pada Era Pandemi (Covid-19) di RA Aisyah Pudakpayung Semarang. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan pendidikan seni. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Proses analisis dari pengumpulan data, mereduksi data dan pengabsahan data, menyimpulkan dan menginterpretasikan semua informasi secara selektif. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut, (1) Pembelajaran Tari Kupu-Kupu Manis melalui kegiatan ekstrakurikuler di RA Aisyah Pudakpayung meliputi pembelajaran secara umum berisi mengenai aspek-aspek yang mendukung pembelajaran yaitu guru, peserta didik, materi, tujuan, media, metode, sumber, alat dan bahan, kegiatan belajar mengajar dan evaluasi pembelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler Tari Kupu-Kupu Manis secara khusus di setiap minggunya pada hari Sabtu dengan memberikan ragam demi ragam gerak yang terdiri dari 8 ragam gerak. Ragam gerak diberikan dalam waktu 3 kali pertemuan pada tanggal 9, 16, dan 23 Oktober 2021. (2) Hasil dari pemberian nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler tari telah dijabarkan melalui penyederhanaan teori mengenai ciri Nilai-nilai pembentuk karakter tersebut dapat dilihat dalam Ruang Lingkup Pendidikan Karakter, yang didasarkan pada totalitas psikologis (kognitif, afektif, psikomotorik) dan totalitas sosiokultural (keluarga, satuan pendidikan, masyarakat), yaitu: olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga. Tari Kupu-Kupu Manis merupakan salah satu materi yang diberikan di RA Aisyah Pudakpayung. Pemberian ragam gerak secara bersamaan sering mengalami kendala, karena untuk menyeragamkan gerakan sebenarnya membutuhkan waktu dan bimbingan dari guru di setiap anak yang diberikan materi. Kemudian dilanjutkan ke pemberian materi secara kelompok. Antusiasme anak-anak sangat baik dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Tari Kupu-Kupu Manis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tari
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:06
Last Modified: 01 Apr 2022 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49461

Actions (login required)

View Item View Item