PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK SISWA TUNARUNGU


Ika Yunita Nurkholifah, 0403517019 (2021) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK SISWA TUNARUNGU. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of tesis fix - ika yunitanur.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video interaktif berorientasi keterampilan proses sains untuk siswa tunarungu yang baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA SMALB dan menganalisis keefektifan serta respon siswa terhadap media video interaktif. Metode yang digunakana dalah Research and Development. Subjek uji coba penelitian adalah siswa SMALB tunarungu yang terdiri dari 8 siswa SMALB N Kota Tegal pada uji coba skala kecil dan 10 siswa SMALB N Kota Semarang dan SMALB Swadaya Semarang pada uji coba skala besar. Pengumpulan data menggunakan lembar angket penilaian produk media video interaktif, lembar tes mengukur keefektifan, lembar angket respon untuk siswa, guru dan orang tua.Teknik analisis data yang digunakan adalah expert judgment untuk kelayakan dan respon, serta keefektifan produk melalui uji gain dan respon terhadap produk yang dikembangkan. Produk video interaktif IPA berorientasi keterampilan proses sains materi muatan listrik dinyatakan valid dengan skor 75,26% sehingga setelah revisi layak digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut karena video interaktif yang dikembangkan di susun dengan pendekatan keterampilan proses sains yang meliputi mengamati, menanya, menalar, menyimpulkan dan mengomuikasikan. Berdasarkan penghitungan n-gain, diproleh bahwa video interaktif yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan skor n-gain 0,54 (kategori sedang) dan 0,77 (kategori tinggi) pada uji skala kecil dan besar. Selanjutnya berdasarkan analisis angket untuk respon siswa terhadap video interaktif yang dikembangkan mempunyai nilai persentase 87 % untuk siswa,84% orang untuk orang tua dan 98,9% untuk guru. Berdasarkan hasil penelitian makapengembangan video interaktif valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk siswa tunarungu dan memperoleh respon positif karena hasil persentase lebih dari 50%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: :Keterampilan Proses Sains,Tunarungu, Video Interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 06:58
Last Modified: 01 Apr 2022 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49460

Actions (login required)

View Item View Item