KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DAN TEKNIK CINEMATHERAPY UNTUK MEREDUKSI ACADEMIC ANXIETY


Chair Fithri Ananda, 0106518046 (2021) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DAN TEKNIK CINEMATHERAPY UNTUK MEREDUKSI ACADEMIC ANXIETY. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0106518046 - Nanda Horas Manurung (1).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Academic anxiety merupakan suatu keadaan yang dialami individu berupa ketakutan, kekhawatiran akan hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas akademik. Efek dari academic anxiety yang tinggi dapat mempengaruhi motivasi dan hasil prestasi yang rendah dan berperilaku yang tidak produktif. Konseling kelompok cognitive behaviour therapy dengan teknik cognitive restructuring membantu merestruktur kognitif untuk mereduksi academic anxiety, sedangkan teknik cinematherapy untuk merubah perilaku. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji keefektifan konseling kelompok cognitive behaviour therapy dengan teknik cognitive restructuring dan teknik cinematherapy untuk mereduksi academic anxiety. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, desain randomized pretest-postest comparison group design. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 14 Kota Bengkulu dengan melibatkan siswa sebanyak 21 orang yang dipilih secara purposive random sampling dari 128 siswa kelas VIII. Instrumen penelitian data menggunakan skala academic anxiety yang diadaptasi dari sub skala learning-related anxiety, class-related anxiety, dan test-related anxiety dari Academic Achievement Questionnaire yang dikembangkan oleh (Pekrun, R., Goetz, T., Frenzel, A. C., Barchfeld, P., & Perry, 2011). Hasil analisis data dengan menggunakan uji Paired Sampled t-Test, uji One-Way ANOVA dan uji Post Hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok cognitive behaviour therapy dengan teknik cognitive restructuring dan teknik cinematherapy efektif untuk mereduksi academic anxiety. Hal tersebut didasarkan atas pengaruh yang signifikan yang ditunjukkan oleh setiap teknik yang diberikan. Selain itu, perbandingan tingkat keefektifan kelompok menyatakan konseling kelompok gabungan teknik cognitive restructuring dan teknik cinematherapy terbukti lebih efektif dengan nilai kelompok 84,71 dibandingkan kelompok teknik cognitive restructuring dengan nilai kelompok 89,00 dan teknik cinematherapy dengan nilai kelompok 88,57 untuk mereduksi academic anxiety.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok cognitive behaviour therapy, cognitive restructuring,cinematherapy, academic anxiety
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 06:41
Last Modified: 01 Apr 2022 06:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49458

Actions (login required)

View Item View Item