PENGEMBANGAN INSTRUMEN HOTS MATERI HUKUM TERMODINAMIKA SMA BERBASIS CBT PADA PEMBELAJARAN DARING


Aris Barokah, 0403519024 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HOTS MATERI HUKUM TERMODINAMIKA SMA BERBASIS CBT PADA PEMBELAJARAN DARING. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis (Aris Barokah_0403519024) - Aris Barokah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan instrumen evaluasi higher order thinking skill (HOTS) materi hukum termodinamika SMA berbasis CBT pada pembelajaran daring telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas instrumen, respon peserta didik, karakteristik butir soal, dan profil HOTS peserta didik. Model penelitian R&D dengan metode Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkah.Software iSpring QuizMaker digunakan dalam pembuatan soal CBT. Uji skala kecil di SMAN 8 Semarang satu kelas, sedangkan uji skala luas dilakukan di SMAN 8 dan SMAN 13 Semarang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket dan wawancara. Teknik analisis data oleh validasi ahli, sedangkan hasil tes menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen dinyatakan layak karena memenuhi syarat sangat valid oleh validasi ahli materi, HOTS, dan bahasa dengan skor rata-rata 95,15%. Berdasarkan uji validitas empiris soal dinyatakan valid dengan rtabel = 0,23. Uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh skor 0,79 yang dikategorikan reliabilitas tinggi. Penggunaan media CBT yang dihasilkan bersifat objektif dalam penilaian, bersifat praktis dan ekonomis. Instrumen evaluasi HOTS berdasarkan respon peserta didik menghasilkan skor rata- rata 82,68 dengan kategori baik. Karakteristik instrumen evaluasi HOTS dijabarkan dalam stimulus soal berbentuk gambar, tabel, simbol/pernyataan, grafik/diagram, penggalan kasus, dan contoh dalam kehidupan sehari-hari dengan sebaran materi pada level kognitif C4 36,40% dan C5 63,60%. Tingkat kesukaran soal dengan kategori mudah, sedang, sukar dan daya beda butir soal 0,35. Profil analisis HOTS peserta didik SMAN 8 kategori sangat kurang 0,0%, kurang 04,20%, cukup 12,50%, baik 08,30% dan sangat baik 75,00%. Sedangkan analisis HOTS peserta didik SMAN 13 Semarang kategori sangat kurang 0,0%, kurang 07,40%, cukup 16,20%, baik 48,50%, dan sangat baik 27,90%

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: HOTS, Termodinamika, CBT, Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 04:17
Last Modified: 01 Apr 2022 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49456

Actions (login required)

View Item View Item