STRATEGI KEPALA SEKOLAH PADA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 2 SEMARANG


Suliarsi, 0102518038 (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH PADA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 2 SEMARANG. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis FIX - Suliarsi Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia bisa dilakukan dengan cara memotivasi anak dengan bahasa yang komunikatif, peserta didik harus tekun belajar, metode pengajaran diubah sehingga proses pembelajaran tidak monoton mengakibatkan peserta didik jadi bosan di kelas, pemerintah juga harus memperhatikan dan mengembangkan pendidikan yang ada di Indonesia, dan peran guru yang profesional dan kompeten. Karena peran guru yang professional dan kompeten itu sangatlah penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Data guru di sekolah SMK Negeri 2 Semarang mayoritas sudah sarjana, baik itu Strata 1 maupun Strata 2 dikarenakan kompetensi profesional guru sudah dapat diandalkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan tersebut dalam hal ini untuk memperoleh pendidikan yang bermutu diperlukan manajemen sumber daya guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena memenuhi ciri- ciri penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dimaksudkan untuk mendeskripsikan peristiwaa sebagaimana terjadi secara alami, melalui pengumpulan data dan latar belakang alami. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang diperlukan berupa informan yang ditunjuk dan dianggap layak untuk memberikan informasi mendalam terhadap fokus penelitian yang diangkat, yaitu Kepala sekolah SMK Negeri 2 Semarang, Waka kurikulum dan Guru SMKN 2 Semarang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara, menghasilkan langkah-langkah strategi kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 2 Semarang terbagi ke dalam dua kegiatan strategi, yang pertama strategi formal yaitu guru ditugaskan oleh lembaga mengikuti pendidikan & latihan, baik yg dilakukan lembaga sekolah itu sendiri maupun oleh lembaga pendidikan/pelatihan, karena tuntutan pekerjaan untuk saat ini atau masa datang seperti: diikutkan kursus, pelatihan guru, seminar dan program MGMP dan Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 2 Semarang kendala–kendalanya antara lain: kurang atau keterbatasan penguasaan IT di sekolah dan keterbatasan waktu, kurang kreatifitas guru dalam proses pembelajaran di kelas dan kurang banyaknya koleksi buku atau fasilitas sekolah, serta kurang adanya hasil karya ilmiah yang dibuat oleh guru-guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Pengembangan Kompetensi Guru, Meningkatkan Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 04:02
Last Modified: 01 Apr 2022 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49453

Actions (login required)

View Item View Item