PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS BLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KARAKTER MANDIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR


Amalia Khusnul Khotimah, 0103517011 (2022) PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS BLOG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KARAKTER MANDIRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0103517011 - Bu Guru.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah proses pembelajaran diperlukan adanya inovasi-inovasi baru khususnya dalam pemanfaatan teknologi dan pengembangan media.. Pembelajaran dengan E-learning merupakan bentuk dari pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yaitu internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan E- learning berbasis blog dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan karakter mandiri pada pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experimental Design dengan objek penelitian dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol (SDN Kalipancur 02) dan kelas eksperimen (SDN Kalipancur 01). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 peserta didik. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar dan karakter mandiri siswa secara signifikan. Dari analisis data diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 84% berada pada kategori sangat baik. Selain itu penerapan pembelajaran menggunakan E-learning berbasis blog pada pelajaran tematik menjadikan skor kemandirian siswa lebih tinggi pada indikator hasrat bersaing untuk maju dan dapat bekerja sendiri dengan skor lebih dari 80% yang berada pada kategori sangat tinggi. Rata-rata uji N-Gain sebesar 0,49 yang berada dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen menggunakan E-Learning berbasis blog lebih efektif dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan google classroom. Oleh karena itu diharapkan guru dan peserta didik dapat mengembangkan penggunaan blog sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-learning, blog , karakter mandiri, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 03:51
Last Modified: 01 Apr 2022 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49450

Actions (login required)

View Item View Item