MODEL KINERJA GURU DENGAN BERBASIS KEPUASAN KERJA (STUDI EMPIRIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI)


Nerru Pranuta Murnaka, 0101617017 (2021) MODEL KINERJA GURU DENGAN BERBASIS KEPUASAN KERJA (STUDI EMPIRIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI). Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of Hasil Revisi Setelah Sidang Terbuka Full Pengesahan - Nerru Pranuta M.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting untuk memajukan peradaban suatu negara. Proses pendidikan dapat berjalan dengan baik melalui kinerja guru yang produktif. Untuk meningkatan kinerja guru ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, komunikasi interpersonal dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kota Salatiga. Penelitian ini adalah penelitian korelasional multivariat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling. Analisis data menggunakan teknik structural equation modeling (SEM) untuk pengujian model penelitian. Hasil penelitian adalah (1) kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 24,6%; (2) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja guru sebesar 58%; (3) komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 21%; (4) kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh langsung dan tak langsung terhadap kinerja guru sebesar 35,3%; (5) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh langsung dan tak langsung terhadap kinerja guru sebesar 92,9%; (6) komitmen organisasi memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja guru sebesar 35,2%; (7) kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 67,3%; (8) kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dengan mediasi kepuasan kerja sebesar 16,8%; (9) komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dengan mediasi kepuasan kerja sebesar 14,1%; (10) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dengan mediasi kepuasan kerja sebesar 38,9%. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, komunikasi interpersonal dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Oleh karena itu, hal ini harus selalu dijaga dalam prakteknya, agar perubahan sikap dan tingkah laku dari proses komunikasi interpersonal dalam suatu organisasi dapat berbentuk terwujudnya suatu sikap yang diharapkan muncul dari diri karyawan, yaitu kepuasan kerja yang tinggi sehingga akan mampu meningkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kepuasan kerja, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 03:43
Last Modified: 01 Apr 2022 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49449

Actions (login required)

View Item View Item