LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM
Abdullah, 0401518051 (2021) LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika ditinjau dari metakognisi siswa pada pembelajaran inkuiri berbantuan google classroom. Penelitian ini menggunakan mix method tipe sequential explanatory. Desain penelitian non equivalen pretest posttest kontrol group. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian di kelas VIII MTs N 1 Kota Semarang. Sampel penelitian di kelas VIII A dan VIII B. Subyek penelitian kualitatif sebanyak enam siswa berdasarkan kriteria metakognisi. Data kuantitatif diuji menggunakan uji t, uji proporsi, uji gain, dan uji regresi, sedangkan data kualitatitf dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap persiapan pembelajaran dinilai berkualitas, dinyatakan dengan tervalidasinya perangkat dalam kriteria valid. Tahap pelaksanaan pembelajaran dinyatakan telah berkualitas ditunjukkan dengan tingkat keterlaksanaan pembelajaran oleh guru selama 4 kali pertemuan dalam kategori baik dan aktivitas siswa selama pembelajaran memiliki rata-rata baik. Hasil akhir pembelajaran dilihat dari rata-rata literasi matematika siswa dengan pembelajaran inkuiri berbantuan google classroom mencapai batas tuntas aktual (BTA), literasi matematika siswa dengan pembelajaran inkuiri berbantuan google classroom tuntas secara klasikal 75%, literasi matematika siswa pada pembelajaran inkuiri berbantuan google classroom lebih baik dari literasi matematika siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Classdojo, peningkatan literasi matematika siswa dengan pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari peningkatan literasi matematika siswa dengan problem based learning berbantuan Classdojo, dan terdapat pengaruh metakognisi terhadap LM siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan literasi matematika kategori tinggi memiliki pengetahuan tergolong baik dalam mencari dan memahami informasi penting, memiliki kecermatan dalam menerapkan strategi. Mampu mengalokasikan waktu untuk melakukan pemantauan serta subyek menyadari dalam proses pekerjaannya. Siswa dengan literasi matematika sedang memiliki pengetahuan cukup baik dalam memahami pertanyaan pada permasalahan. Selanjutnya siswa melakukan penyelesaian menggunakan metode grafik, eliminasi, substitusi, dan kombinasi dengan cukup baik. Meskipun perlu ketelitian untuk melakukan pemantauan hasil pekerjaannya. Siswa dengan literasi matematika rendah memiliki pengetahuan yang cukup, namun masih kesulitan menggunakan strategi dalam memecahkan masalah, sulit memahami informasi, dan pada tahap monitoring tidak memperbaiki kesalahannya, serta tidak membuat kesimpulan jawaban dengan benar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematika, Metakognisi, Pembelajaran Inkuiri, Google Classroom |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 01 Apr 2022 03:39 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 03:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49447 |
Actions (login required)
View Item |