Peran Dan Kedudukan Peserta Didik Dalam Penyelengaraan Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMK Kabupaten Kudus
Syaiful Amin, 0602517010 (2022) Peran Dan Kedudukan Peserta Didik Dalam Penyelengaraan Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMK Kabupaten Kudus. Masters thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran PJOK, mengetahui peran peserta didik terhadap konstruksi penyelenggaraan PJOK, mengetahui persepsi peserta didik terhadap penyelenggaraan mata pelajaran PJOK. Populasi penelitian sebanyak 4 SMK di Kabupaten Kudusyang Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 229 peserta didik.Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data menggunakan angket.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dimana apabila datanya sudah terkumpul, maka lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok data, yaitu data kuantitatif yang berbentuk angka-angka dan data kualitatif yang dinyatakan dalam kata-kata atau simbol (Arikunto, 2006: 239). Analisis statistic meliputi analisis deskriptif untuk menghitung mean hipotetik, standar deviasi dan distribus frekuensi (prosentase). Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil tabel kategori dapat dilihat bahwa peran dan persepsi peserta didik kelas X dan XI terhadap pembelajaran PJOK berkategori Sangat baik dengan pertimbangan persentase terbesar 88.42%. Peran dan persepsi peserta didik kelas X dan XI terhadap pembelajaran PJOK yang berada pada kategori sangat baik 25%, baik 61% dan kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Peran dan kedudukan peserta didik terhadap Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di 4 SMK Kabupaten Kudus menunjukan hasil yang cukup baik yang ditinjau dari 5 indikator meskipun terdapat indikator yang menunjukan hasil baik. 5 indikator tersebut yaitu, peserta didik sebagai subyek pendidikan, peserta didik ikut menentukan hasil belajar baik, peserta didik memiliki kebebasan untuk menentukan cara belajar, peserta didik adalah subyek yang dipenuhi kebutuhan belajarnya, dan indicator peserta didik adalah bagian interaksi edukatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Dan Kedudukan, Persepsi, Peserta Didik, PJOK |
Subjects: | O Sport > Ilmu Keolahragaan |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 01 Apr 2022 03:32 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 03:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49446 |
Actions (login required)
View Item |