Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash dengan Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia


PUTRI INDAH WAHYUNINGSIH, 0103519062 (2022) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash dengan Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS_PUTRI INDAH WAHYUNINGSIH_0103519062 - Putri Indah Wahyuningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak pada semua bidang salah satunya bidang pendidikan, hal tersebut dapat bermanfaat pada pembuatan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menguji kevalidan dan kepraktisan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash dengan Pendekatan Content And Language Integrated Learning (CLIL) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar materi Cerita Rakyat. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Pengembangan (RnD) prosedur Sugiyono yang terdiri dari 10 tahap. Penelitian ini menggunakan metode mix method, Sampel yang digunakan yaitu 24 siswa kelas IV di SDN Mangunharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket. Uji kevalidan dan keefektifan diperoleh dari hasil validator ahli media, validator materi, angket respon guru dan respon siswa. Hasil penelitian : Uji kevalidan dan keefektifan diperoleh dari hasil validator ahli media, validator materi, angket respon guru dan respon siswa. Hasil pengembangan dari ahli materi dengan rata–rata 3,5 presentase 70% kriteria “Valid”. Hasil validator media memperoleh rata–rata 4,3 presentase 87%. Hasil respon guru diperoleh presentase 89% dengan kriteria “Sangat Praktis”, hasil respon siswa diperoleh presetase 77,2% kriteria “Sangat Praktis”. Hasil data awal adalah 15,17 dan nilai maksimum data awal yakni 17,71 dan nilai mean data awal adalah 64% sedangkan nilai minimum data akhir 20,75, nilai maksimum data akhir 21,46 dan mean dari data akhir adalah 87% terdapat kenaikan rata- rata dari data awal dan data akhir sebanyak 26%. Sehingga media pembelajaran interaktif dengan pendekatan CLIL dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media interaktif berbasis adobe flash dengan pendekatan CLIL dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil dari kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran diperoleh data yakni dari aspek “Penggunaan Media Pembelajaran di Kelas”, siswa diperoleh hasil presentase 59% dengan kategori “Sangat Sesuai”,sedangkan dari aspek “Karakteristik Media Pembelajaran” diperoleh presentase sebesar 59% dengan kategori “Sangat Sesuai”. Hasil validator materi diperoleh skor rata–rata 3,5 presentase 70% dengan kriteria “Valid”. Adapun hasil validator media memperoleh skor rata–rata 4,3 dengan presentase 87%. Hasil respon guru diperoleh skor presentase 89% kriteria “Sangat Praktis”. Adapun hasil respon siswa diperoleh skor presetase 77,2% kriteria “Sangat Praktis”. Terdapat kenaikan rata-rata dari data awal dan data akhir sebenyak 26%. Sehingga media pembelajaran interaktif dengan pendekatan CLIL dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa, dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil data awal dan data akhir secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan media, Pendekatan CLIL, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 01 Apr 2022 03:29
Last Modified: 01 Apr 2022 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49445

Actions (login required)

View Item View Item