UPAYA PEMENUHAN HAK PERLINDUNGAN DAN HAK PENDIDIKAN ANAK DI LEMBAGA PAUD KABUPATEN SRAGEN


Aulia Rohmawati, 0108517001 (2022) UPAYA PEMENUHAN HAK PERLINDUNGAN DAN HAK PENDIDIKAN ANAK DI LEMBAGA PAUD KABUPATEN SRAGEN. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS AULIA ROHMAWATI final - Aulia Rahma.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidik dan tenaga kependidikan memiliki tugas yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Mengingat pentingnya hak perlindungan dan hak pendidikan anak, maka upaya guru dalam memenuhi hak perlindungan dan hak pendidikan merupakan aspek penting dalam terlaksananya program sekolah ramah anak disuatu lembaga sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam memenuhi hak pendidikan anak dan hak perlindungan anak yang ada di TK ABA 1 Gemolong, TK MTA Gemolong, dan TK Negeri Gemolong, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAUD ramah anak di Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen yang berjumlah 35 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa upaya guru dalam memenuhi hak pendidikan dan hak perlindungan anak pada lembaga TK Aisyiyah I Gemolong, TK MTA Gemolong, dan TK Negeri Gemolong berkategori sangat baik. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa mayoritas guru berusaha mengajar dengan cara menyenangkan dan tidak kaku dengan cara membuat APE sesuai dengan tahapan usia anak. Selain itu guru berusaha memastikan lingkungan, alat, dan bahan main yang digunakan anak dalam kondisi aman, nyaman dan menyenangkan, serta memastikan tidak ada anak yang terkena bully atau kekerasan fisik ataupun ucapan oleh teman, guru, atau orang dewasa lainnya disekitar Satuan PAUD, hingga memastikan saat anak pulang sekolah dalam posisi aman (ada orang dewasa yang mendampingi). Setiap guru juga berusaha menciptakan kerja sama yang harmonis antara keluarga, sekolah, dan masyarakat. Berdasarkan proses dan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis memiliki beberapa saran diantaranya: (1). Guru perlu meningkatkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran ramah anak terutama pada aspek pemenuhan hak pendidikan dan hak perlindungan anak, (2). Perlu adanya evaluasi berkala khususnya terkait dengan hak pendidikan dan hak perlindungan anak, dan (3). Pemerintah, Yayasan, dan Kepala Sekolah perlu meningkatkan komitmen yang kuat bahwa hak perlindungan anak dan hak pendidikan anak merupakan dua aspek yang perlu diberi perhatian lebih, terlebih banyak terjadinya kasus pelecehan yang menimpa anak di lembaga pendidikan pada saat ini

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hak Pendidikan Anak, Hak Perlindungan Anak, Lembaga PAUD
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:57
Last Modified: 31 Mar 2022 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49426

Actions (login required)

View Item View Item