PROSES ARANSEMEN DAN PEMBELAJARAN MUSIK BERBASIS KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS KI HADJAR DEWANTARA PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH SALATIGA


Ahmad Yazid Taqi, 0204517019 (2021) PROSES ARANSEMEN DAN PEMBELAJARAN MUSIK BERBASIS KONSEP PENDIDIKAN HUMANIS KI HADJAR DEWANTARA PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH SALATIGA. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 1. Draf Tesis Ahmad Yazid Taqi - yazid way.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan humanis merupakan pendidikan yang sangat erat hubungannya dengan Ki Hajar Dewantara yang dijuluki sebagai Bapak pendidikan. Pendidikan humanis mengutamakan aspek kemanusiaan dengan memaksimalkan berbagai potensi yang ada disetiap individu, Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah (KBQT) merupakan komunitas belajar yang menggunakan metode belajar yang mengedepankan kebebasan Kebebasan yang tergambar di KBQT berawal dari seorang anak masuk kelas musik. Mereka secara mandiri akan menyusun program-program yang akan mereka lakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengkaji konsep pendidikan humanis Ki Hajar Dewantara dalam pembelajaran musik di KBQT dan menganalisis proses aransemen karya musik berbasis pendidikan humanis Ki Hajar Dewantara pada proses pembelajaran musik di KBQT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif analitikal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan teori pembelajaran serta konsep pendidikan humanis. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa penerapan konsep pendidikan humanis pada pendidikan musik di KBQT menggunakan beberapa metode yaitu siswa sebagai pembuat kurikulum, pembelajaran model diskusi, gelar karya, dan tugas akhir. Proses pembelajaran dalam aransemen karya musik berbasis pendidikan humanis yang dilakukan di KBQT yaitu dengan menggali kemampuan individu, memberikan kesempatan diskusi, dan adanya peran pendamping.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Musik, Pendidikan Humanis, Ki Hajar Dewantara Aransemen
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:51
Last Modified: 31 Mar 2022 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49425

Actions (login required)

View Item View Item