PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP


Bagus Addinb Hutomo, 0402517008 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0402517008 - Bagus Addin Hutomo (1).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of 0402517008 - Bagus Addin Hutomo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pada abad ke-21 perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi meningkat pesat terutama dalam bidang pendidikan. Untuk mempersiapkan perkembangan tersebut siswa harus dibekali keterampilan yang menunjang dalam memanfaatkan teknologi dan kemampuan literasi sains. Pentingnya kemampuan literasi sains dalam pembelajaran IPA dilatarbelakangi oleh hasil tes PISA 2015. Tujuan penelitian ini adalah menguji kelayakan e-modul berbasis STEM, menganalisis efektivitas dan profil kemampuan literasi sains setelah menggunakan e-modul berbasis STEM. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D) dari Borg & Gall dalam Sugiyono yang telah dimodifikasi tanpa adanya penyebaran luas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis data deskriptif terkait dengan kelayakan dan profil kemampuan literasi sains siswa, sedangkan untuk mengetahui efektivitas produk digunakan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan (1) e-modul berbasis (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) STEM yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak mengenai aspek isi, penyajian, dan kebahasaan (2) hasil penilaian literasi sains siswa menunjukkan peningkatan nilai N-gain dengan kriteria tinggi. (3) profil kemampuan literasi sains siswa yang meliputi proses sains, konteks sains, dan konten sains memiliki kriteria baik. Berdasarkan hal tersebut penggunaan e-modul berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematic (STEM) yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu alternatif sumber belajar materi tekanan zat dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-modul, STEM, Literasi Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:42
Last Modified: 31 Mar 2022 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49423

Actions (login required)

View Item View Item